Pemohon Perjalanan Luar Negeri di Ternate Turun Drastis

Valentinus Lucky. (Foto: Muhlis/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id — Kantor Imigrasi Kelas l TPI Ternate, Maluku Utara mencatat penurunan permohonan perjalanan luar negeri. Sejak 2 bulan terakhir, Imigrasi hanya mencetak 60-an paspor setiap bulannya.

Kasie Teknologi Informasia Keimigrasian Kelas I Ternate, Valentinus Lucky, mengaku, pada September 2021 telah melakukan penerbitan paspor umum sebanyak 63 buku. Sedangkan, Oktober sebanyak 61 permohonan paspor yang diterbitkan. Dia bilang, pemohon paspor kali ini untuk keperluan wisata dan umrah.

“Untuk penerbitan paspor rata-rata untuk 2 bulan terakhir ini, sekitar 60-an lebih lah,” kata Lucky, saat ditemui malutpost.id, di ruang kerjanya, Senin (1/11/2021).

Menurut Lucky, pandemi Covid-19 dan masa penyekatan jadi penyebab menurunnya pemohon. Rata-rata, hanya 3 sampai 4 orang perhari.

“Kalau sebelum pandemi rata-rata kadang 60 sampai 80 pemohon,” ujarnya.

Dia berujar, pemohon paspor terutama dari WNI (warga negara Indonesia) dalam setahun bisa mencapai angka ribuan terutama saat musim haji dan umrah. Sebagian besar pemohon paspor adalah calon jamah haji.

“Saat musim haji, perbulannya diatas lima ratusan, itu sebelum pandemi, jadi kalau rata-rata untuk saat ini jauh sekali penurunannya,” kata Lucky. (mg-06)

 

 

 

Laporan: Muhlis Idrus

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks