Puluhan Pejabat yang Dinonjobkan Bupati Kepulauan Sula Dikembalikan ke Posisi Semula

Bupati Fifian Adeningsi Mus bersama wakilnya usai dilantik beberapa waktu lalu. (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id — Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Fifian Adeningsi Mus akhirnya mengembalikan pejabat utama yang dinonjobkan ke posisi semula.

Ada 24 pejabat eselon II atau kepala dinas diaktifkan kembali. Pengembalian itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepsul Nomor: 800/1360.1/KEP/KS/XI/2021 tentang Pencabutan/Pembatalan Keputusan Bupati Kepulauan Sula atas Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemda Kepulauan Sula.

Langkah mengejutkan Fifian ini berdasarkan rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN Nomor: R-4054/KASN/11/2021 tertanggal 11 November. Surat KASN tersebut merupakan jawaban atas surat yang dikirim Bupati Fifin pada 23 Agustus 2021.

Dalam surat tertanggal 29 November 2021 yang ditangani Bupati Fifian Adeningsi Mus, itu juga dijelaskan pertimbangan bupati yang berisi 5 poin.

Pada poin b surat tersebut dijelaskan, keputusan itu dalam rangka mematahui UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi UU. Pada Pasal 71 ayat 2 menjelaskan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, Wali Kota atau Wakil Wali Kota dilarang menggantikan pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dan Menteri.

Kemudian Pasal 163 ayat 3 juga menjelaskan, Gubernur, Bupati, Wali Kota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemda Provinsi atau kabupaten/kota, dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri.

Sebelumnya, Bupati Fifian membuat keputusan mengejutkan dengan memberhentikan 57 pejabat eselon II, III dan IV termasuk Sekretaris Daerah dihari pertama berkantor usai dilantik pada Juli lalu. (ikh)

 

 

 

Laporan: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks