Ketua Komisi III Halmahera Tengah Mengamuk, Pukul Meja dan Banting Mic

Bagikan :

Aswar Salim saat tinggalkan rapat Banmus, Rabu (22/12/2021). (Foto: Muhatir/malutpost.id)

Weda, malutpost.id — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara, Aswar Salim dibuat naik pitam. Ia mengamuk saat rapat Badan Musyawarah (Banmus) pada, Rabu (22/12/2021).

Amatan malutpost.id, Ketua Komisi III itu membanting microfphone atau pengeras suara, gelas dan air mineral di ruang rapat. Ia lalu beranjak dari tempat duduk dan keluar tinggalkan rapat yang masih berlangsung.

gambar2

Aswar ketika ditemui mengatakan, rapat tersebut membahas tentang rancangan peraturan daerah yang diusulkan oleh Pemda Halteng soal Izin Pemakaian Tenaga Kerja Asing (IMTA) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Baca:  Pohon Tumbang di Halmahera Tengah Tutup Badan Jalan

Aswar mengaku kesal lantaran hampir semua agenda dewan terlebih dahulu disetujui oleh pemerintah daerah, seperti agenda reses yang anggarannya perlu persetujuan Bupati Halteng Edi Langkara. Padahal sesuai kesepakatan, reses akan dilakukan pada 22 Desember hari ini.

“Sampai saat ini pengajuan anggaran reses DPRD juga belum disetujui oleh pemerintah daerah, kan reses ini penting dan sudah diatur dalam UU,”ungkapnya.

Politisi Partai Golkar itu menilai Ketua DPRD Halteng lemah. Itu pula yang membuat sejumlah anggota dewan menggelar aksi pada saat rapat.

“Kegiatan DPRD selama ini harus ada persetujuan dari Bupati baru bisa berjalan,”jelasnya.

Menurutnya, sebuah lembaga yang memiliki harkat dan martabat serta dihargai tergantung pada kebijakan pimpinan.

Baca:  3 Truk Tambang PT IWIP Terlibat Tabrakan, 4 Karyawan Luka-luka

Kegiatan bimbingan teknik pendalaman APBD tahun 2022 juga tidak jadi digelar akibat tidak ada persetujuan dari pemerintah daerah. “Saya nilai masyarakat tidak perlu banyak berharap dari lembaga DPRD dengan memiliki pimpinan yang lemah,”pungkasnya.(cr-03)

 

 

 

Laporan: Muhatir Badarudin

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
gambar1
CATEGORIES
TAGS
Enable Notifications    OK No thanks