Peringati Hari Jadi Ternate, Wali Kota; Momentum Kembalikan Identitas Ternate Kota Rempah 

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman saat memberikan sambutan dalam upacara HAJAT ke-771 di Kantor Wali Kota Ternate, Rabu (29/12/2021). (Foto: Ewin/Diskomsandi Ternate)

Ternate, malutpost.id — Upacara memperingati Hari Jadi Ternate atau Hajat ke-771 tahun kali ini terasa beda.

Selain berlangsung dengan menggunakan bahasa daerah Ternate, rangakaian acara juga diisi dengan tarian tujuh puteri yang berkisah tentang legenda Kesultanan Ternate oleh Sanggar Forimo, dari Kelurahan Tarau, Ternate Utara.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam kesempatan itu berharap, peringatan HAJAT dengan mengusung tema “Ternate Kota Ternate” tidak hanya bersifat seremonial.

Menurutnya, peringatan HAJAT merupakan momentum warga Ternate, untuk melakukan refleksi, sekaligus menerjemahkan makna perjuangan para leluhur untuk dimanifestasikan dan mewujudkan pembangunan Kota Ternate hari ini dan kedepan.

“Mari kita jaga nilai dasar hidup yakni adat se atorang, istiadat se kabasaran, galip se lakudi, ngale se cara, sere se duniru, cing se cingari dan bobaso se rasai,”kata wali kota.

Ia berharap di usia 771 ini, Ternate harus menjadi lebih baik dalam mewujudkan identitas ke-Ternate-an sebagai kota rempah yang salah satunya berperan mempertemukan bangsa-bangsa Eropa dalam perjalanannya mencari sumber rempah di masa lampau.

“Olehnya itu, di momentum ini akan di luncurkan city branding Ternate Kota Rempah yang dilaksanakan malam ini di benteng Fort Orange Ternate, Maluku Utara,”tambahnya.

Walikota juga berharap, momen ini tidak hanya sekedar seremonial memperingati Hari jadi semata. Namun lebih dari itu, dalam perayaan ini mampu memberi semangat untuk masyarakat Kota Ternate,  dapat meningkatkan kembali identitas Ternate Kota Rempah, menguatkan geologi sejarah, sosial dan budaya.

“Serta kolaboratif melibatkan seluruh stake holder guna berkomitmen membangun dan memelihara Kota Ternate,”tutup wali kota.(mg-12) 

 

 

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks