Gempabumi Halmahera Utara, Belasan Rumah Rusak, Puluhan Warga Mengungsi

Bagikan :

Salah satu warga Halmahera Utara dirawat di RS Tobelo usai gempabumi, Sabtu (8/1/2022). (Foto: BPBD Halut)

Ternate, malutpost.id – Gempabumi tektonik dengan magnitudo 5,1 yang mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pada, Sabtu (8/1/2021) sore, menyebabkan belasan rumah rusak dan menimbulkan korban jiwa.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halut menyebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 16.53 WIT itu merusak 16 rumah warga, 2 tempat ibadah.

gambar2

Selain kerusakan material, 2 warga Desa Kusuri, Halut mengalami luka, 1 orang mengalami patah tulang. 10 rumah di desa tersebut juga mengalami rusak ringan.

 Rumah di Halmahera Utara ambruk akibat gempabumi Sabtu pekan kemarin. (Foto: BPBD Halut)

Jumlah bangunan rusak tersebar di Kecamatan Tobelo Barat dan Kecamatan Kao Barat terdiri dari 4 desa yakni Desa Kusuri, Desa Wangongira, Desa Soamaetek, dan Desa Pitago. Saat ini, warga yang terdampak diungsikan ke tempat aman.

Baca:  Juru Parkir Liar di Ternate Digelandang Satpol PP

Senin (10/1/2022), sekira pukul 06.59 WIT juga terjadi gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 5,5. Lokasi gempa terjadi di 5 kilometer Barat Daya Halmahera Utara dengan kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa terasahingga Sofiifi dan Ternate. (ikh)

 

 

Laporan: Ikram Salim

Kolom Komentar
gambar1
CATEGORIES
TAGS
Enable Notifications    OK No thanks