PRC-19 Temui Warga Bagi Ribuan Masker, Handsanitizer dan Disinfektan

DISINFEKTAN: Pemuda Relawan Covid-19 saat melaksanakan kegiatan sosial dengan menyemprotkan cairan disinfektan serta bagi-bagi masker serta handsanitizer ke warga.(ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id -Puluhan warga yang tergabung dalam Pemuda Relawan Covid-19 (PRC-19) sepekan terakhir,  rutin melaksanakan kegiatan sosial dengan turun menemui masyarakat untuk membagikan ribuan masker serta handsanitizer.

 
Selain bantuan alat protokol kesehatan Covid-19 di era new normal, PRC-19 juga melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat umum atau ruang publik. 
 
Kepada malutpost.id koordinator PRC-19, Fahri Rettob, menuturkan, aksi sosial yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Maluku Utara itu bekerjasama dengan pemuda dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ternate, bersama Purna Paskibraka Indonesia Kota Ternate. 
 
"Kegiatan sosial bagi alat kesehatan protokol covid di Ternate ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba, yang meminta agar pandemi korona di Malut segera berakhir. Instruksi tersebut kemudian dilanjutkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga  Provinsi Malut, yang  digerakkan oleh tim PRC-19," jelas Fahri Rettob, yang juga Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda di Dinas Kepemudaan Dan Olahraga.
 
Kegiatan sosial ini kata Fahri, telah dilakukan sejak Kamis (20/8/2020) lalu, dimana tim PRC-19 turun menemui warga di tiga kecamatan dalam kota Ternate, diantaranya Ternate Utara, Tengah dan Selatan.
 
"Di tiga kecamatan itu, tim juga melakukan sosialisasi terkait covid serta bagaimana hidup sehat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19," kata Fahri.
 
Fahri bilang, tim PRC-19 juga menyisir masuk ke perkampungan menemui warga dengan membagikan masker serta handsanitizer, ada juga penyerahan bantuan masker serta handsanitizer kepada perwakilan Masjid dan pihak kelurahan serta pesantren untuk diserahkan kepada warga. 
 
"Selain warga, kita juga ke kelurahan dan gedung pertemuan, kemudian sekolah, pesantren hingga rumah ibadah baik Masjid dan Gereja  untuk dilakukan penyemptotan cairan disinfektan, bahkan fasilitas pusat perekonomian seperti pasar, pertokoan dan mall juga didatangi tim PRC-19," lanjut Fahri, 
 
Dikatakannya, selain di Ternate, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Sofifi oleh Dispora Malut. Kegiatan serupa itu dilakukan pada Senin hingga Kamis (17-20/8), kemudian dilanjutkan ke Ternate. "Tujuan utamanya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 serta menggunakan tenaga pemuda sebagai garda terdepan untuk melawan covid-19," katanya.
 
Masker yang dibagikan sebanyak 12400 pisces, handsanitizer 1000 botol serta 500 liter cairan disinfektan. 
 
"Kami berharap dukungan Dispora Provinsi Malut serta semua pihak termasuk relawan PRC-19 agar kegiatan sosial ini terus berlanjut hingga akhirnya pandemi covid-19 bisa teratasi secara permanen dan masyarakat lebih memperhatikan kesehatan dalam keseharian,"  tutup Fahri. (lid)
 
 
 
-
 
Peliput : Tim
Editor   : Erwin Syam