Yayasan Albina Maluku Utara Wisudakan 55 Siswa SDIT Albina

Wisuda Yayasan Albina Maluku Utara mewisudakan siswa siswi Tahfidz Quran, Sabtu (27/3/2021). (Foto: Glen Ipi)

Ternate, malutpost.id -- Yayasan Albina Maluku Utara kembali melaksanakan wisuda Tahfidz Quran untuk siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Albina. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Sahid Bella Hotel, Ternate, Sabtu (27/3).

Kegkatan yang mengusung tema "Membumikan Al-Quran, Melangitkan Manusia Menuju Generasi Qurani" itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Maluku Utara, Imam Makhdy Hasan. 

Ketua Panitia Wisuda Sarifani, S.S dalam sambutannya menuturkan, kegkatan tersebut sebagai bagian dari upaya ikut serta mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya, terutama dalam bidang pembangunan mental agama, meningkatkan kualitas keimanan, serta dalam rangka merealisasikan nilai-nilai keagamaan.

"Salah satu aspek yang diperlukan adalah adanya kegiatan keagamaan yang mampu mendukung dan meningkatkan kualitas iman dan takwa dan ilmu pengetahuan teknologi bagi generasi qurani,"kata Sarifani. 

Menurutnya, tahfidz quran adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Alquran yang diturunkan kepada Rasulullah SAW diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagainya. 

"Program pendidikan menghafal Alquran adalah program menghafal Alquran dengan mutqin (hafalan yang kuat) terhadap lafadz-lafadz Alquran dan menghafal makna-maknanya dengan kuat,"jelasnya.

Lebih lanjut Sarifani bilang, dengan berpedoman pada Alquran dapat membantu seseorang mengahadapi berbagai masalah kehidupan. Sebab, Alquran senantiasa ada dan hidup di dalam hati sepanjang waktu.

Dengan menghafal, lanjutnya, memudahkan seseorang untuk menerapkan dan mengamalkannya, serta dapat menanamkan dasar pendidikan penting dan strategis dalam upaya mencetak dan membina sumber daya manusia yang berkualitas dari segi keimanan.

"Ahlak dan intelektual inilah yang mendasari kami yayasan Albina untuk terus meneruskan budaya pelestarian Alquran n ini dengan Tahfidz Al-Qur'an," pungkasnya.  

Hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Yayasan Albina Maluku Utara sekaligus membuka acara, Kadis pendidikan dan Kebudayaan Malut Imam Makhdy Hassan, Kepala Sekolah Paud/TKIT SMP dan SMA IT Albina, orang tua siswa dan komite sekolah, serta Ketua JSIT Maluku Utara. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor : Ikram