Wali Kota-Wawali Bagi Masker dan Sosialisasi Cegah Corona

BAGI MASKER: Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibrahim dan Wawali Muhammad Sinen turun langsung menyosialisasikan pencegahan Covid-19 dan membagikan masker untuk warga, Minggu (5/4) HUMAS PEMKOT FOR MALUT POST

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama Wakil Wali Kota Muhammad Sinen turun langsung ke tengah warga melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Wali Kota dan Wawali juga membagikan masker kepada warga yang membutuhkan. Sosialisasi dan pembagian masker ini dilakukan selama dua hari, yakni Sabtu (4/4) dan Minggu (5/4) kemarin.
Pada Sabtu, Wali Kota dan Wawali memulai pembagian masker dan sosialisasi pencegahan virus corona di Pelabuhan dan Terminal Angkutan Umum Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara, Pelabuhan Speedboat Sarimalaha, Pasar Sarimalaha, dan Kawasan Tugulufa di Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore. Pembagian 2.500 buah masker ini diprioritaskan kepada para motoris, sopir angkutan umum, pengemudi bentor, buruh pelabuhan, dan pedagang kaki lima serta masyarakat umum.

Di sela-sela pembagian, kedua pimpinan ini meminta semua orang yang berdomisili di wilayah Kota Tikep agar harus saling kerja sama dan selalu bersama-sama dengan pemerintah dalam mengambil langkah mencegah penyebaran virus corona di wilayah Kota Tikep. “Kita patut bersyukur dan juga terus berikhtiar agar wilayah ini tidak terjangkit dan dijauhkan dari wabah virus corona. Maka dari itu, seluruh masyarakat dan pihak terkait lainnya terus bersama dengan pemerintah untuk bekerja mencegah virus ini, jangan sampai menimpa rakyat kita di daerah yang kita cintai ini,” ujar Ali yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tikep.

Wali Kota juga menyampaikan, sejauh ini ada sejumlah langkah pencegahan yang telah dilakukan Pemkot. Langkah-langkah ini agar diikuti seluruh elemen masyarakat dengan mematuhi imbauan maupun larangan yang dikeluarkan pemerintah baik di daerah maupun pusat dalam upaya pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini. Ali juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas sesuai profesi dan pekerjaan masing-masing.

Hal yang sama juga disampaikan Wawali. Sinen berpesan kepada para motoris, sopir angkutan umum, dan pengemudi bentor, serta para pedagang untuk selalu ikhtiar dengan mengenakan masker dan menjaga jarak aman dengan para penumpang dan para pembeli. Demikian juga dengan setiap orang yang menggunakan jasa angkutan umum, baik darat maupun laut agar selalu sigap dan memperhatikan dengan baik tata cara bertemu dengan sesama di angkutan. “Saya imbau kepada para juragan speedboat, sopir angkutan umum, pengendara bentor serta para pedagang agar bersikap ikhtiar dan selalu mengenakan masker saat bekerja. Sampaikan juga kepada para penumpang masing-masing, untuk ikut serta dalam upaya mencegah penyebaran virus corona,” imbuhnya.

Dalam sosialisasi dan pembagian masker ini, Wali Kota dan Wawali didampingi Sekretaris Daerah Asrul Sani Soleiman, Kepala Dinas Kesehatan dr. Abdullah Maradajebssy, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Abdurahim Ahmad, Kabag Pemerintahan Zulkifli Ohorela, Kabag Umum Muhammad Abubakar dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Asis Hadad. Para pejabat ini juga membagikan masker gratis kepada pedagang, buruh dan sopir yang telah berusia lanjut. Wali Kota dan Wawali ikut memakaikan langsung masker kepada warganya. Pedagang kaki lima di sekitar pelabuhan speedboat juga tidak luput dari sasaran sosialisasi dan pembagian masker gratis. Demikian juga dengan para pedagang kaki lima di sekitar Pasar Sarimalaha dan sepanjang kawasan Tugulufa ikut berebutan pembagian masker gratis.

Pembagian masker ini disambut antusias masyarakat luas. Mereka meminta kepada pemerintah untuk terus membantu masyarakat kecil yang sangat membutuhkan masker. “Terima kasih atas sosialisasi dan pembagian masker gratis ini, kami senang dan selalu mendukung upaya pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona di daerah ini,” ujar sejumlah motoris dan pedagang.

Pada Minggu (5/4), Wali Kota bersama Sekda selaku Sekretaris Gugus Tugas beserta tim gugus tugas melanjutkan sosialisasi pencegahan virus corona dan pembagian masker gratis di kawasan Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore, Pasar Rakyat Gosalaha, dan Kawasan Tugulufa. Ada 700 buah masker yang dibagikan dan diprioritaskan kepada para pengemudi bentor, ojek, pedagang barito, pedagang sayur, pedagang ikan dan sejumlah pedagang kaki lima lainnya di sekitar Pasar Rakyat Gosalaha.

Pada kesempatan itu, Wali Kota tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat, baik pedagang maupun para ojek untuk selalu menggunakan masker dan menghindari dan menjaga jarak. “Bapak dan Ibu saya minta langsung pakai masker itu, jangan lupa jaga jarak saat berjualan. Kita harus berikhtiar, terus bekerja keras dan selalu berdoa agar wabah virus corona ini tidak masuk ke wilayah Kota Tidore Kepulauan,” pinta Ali.(cr-3/adv/kai)