DPRD Maluku Utara Sumbang SPPD Rp 12,6 M untuk Covid-19

A. Malik Silia

Ternate, malutpost.id - DPRD Provinsi Maluku Utara sepakat mengalihkan anggaran perjalanan dinas dan reses untuk penanganan Covid-19. Total anggaran yang dialihkan mencapai Rp 12,6 miliar.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Maluku Utara A. Malik Silia mengungkapkan, anggaran Rp 12,6 miliar itu terdiri atas anggaran perjalanan dinas luar negeri para wakil rakyat sebesar Rp 4,4 miliar dan anggaran perjalanan dinas luar daerah senilai Rp 1,5 miliar.

Selain itu ada pula anggaran bimbingan teknis anggota sebesar Rp 4 miliar serta anggaran reses Rp 2,7 miliar. "Semua anggota sudah setuju dalam rapat Pansus Penanganan Covid-19 untuk anggaran reses dialihkan. Kami berpendapat bahwa jika hanya berharap pada anggaran penanganan Covid dari Provinsi saja tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat," ungkap Malik, Sabtu (18/4).

Anggaran dari DPRD ini rencananya akan digunakan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Sedangkan dana dari Pemprov difokuskan untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) dan lainnya. "Maka untuk memenuhi kebutuhan warga akan dampak Covid kami sepakat dalam rapat itu untuk anggaran reses dipergunakan untuk belanja sembako. Kami sadar bahwa sudah banyak bantuan juga dari lembaga maupun per orangan dalam membantu warga yang terdampak akibat Covid-19 namun itu belum semuanya terpenuhi," jabar Malik.(ikh)