15 Spesimen Maluku Utara Dikirim ke Lab Makassar

BERI KETERANGAN: Jubir Gugus Tugas Covid-19 Malut dr. Alwia Assagaf (kiri) saat konferensi pers. (PUTRI CITRA ABIDIN/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id – Tim Medis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku Utara telah mengirim 15 spesimen ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan. Spesimen berasal dari warga yang hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif. "Sudah dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. Untuk itu kita masih menunggu hasilnya dalam dua atau tiga hari ke depannya," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas dr. Alwia Assagaf dalam konferensi pers di Sahid Bela Hotel Ternate, Minggu (19/4).

 

Ke-15 spesimen yang dikirim tersebut terdiri dari 9 pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kota Ternate, 3 orang dalam pemantauan (ODP) asal Tidore Kepulauan, 3 ODP asal Halmahera Utara, dan 1 ODP asal Halmahera Selatan. Menurut Alwia, saat ini masih ada 17 spesimen lain yang belum dikirim dan masih tersimpan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate. “Jadi masih ada 17 specimen lagi yang ada di RSUD CB yang belum dikirim ke Makassar," akunya.

 

17 spesimen hasil swab test yang dilakukan dokter RSUD CB masih disimpan sembari menunggu hasil 15 spesimen yang dikirim ke Makassar hari ini. "Kita masih menunggu hasil 15 spesimen swab test dikirim kembali ke Maluku Utara, baru kita melakukan pengiriman kembali spesimen berikutnya," ungkapnya.

 

Sementara swab test Pasien 03 dan 04 juga ikut dikirim. “Untuk Pasien 03 dan 04 sudah dikirim tetapi tidak dimasukkan ke on proces karena sudah pengambilan swab test yang kedua," pungkas Alwia.(mg-05)