1.180 Orang Ikut Rapid Test, 84 Reaktif

dr. Alwia Assagaf

Ternate, malutpost.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kabupaten/kota gencar melakukan rapid test untuk deteksi dini penyebaran Covid-19. Hingga Senin (20/4), sudah ada 1.180 orang di Maluku Utara yang di-rapid test.

 

Juru Bicara Gugus Tugas Malut dr. Alwia Assagaf mengungkapkan dari hasil pemeriksaan tersebut 84 orang diantaranya dinyatakan reaktif dan 1.096 orang nonreaktif. “Dari hasil pemeriksan tersebut, didapati sebanyak 77 orang reaktif dengan status 31 orang tanpa gejala (OTG), 25 orang dalam pemantauan (ODP), 2 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 26 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit,” jabarnya.

 

84 orang yang reaktif itu tersebar di Halmahera Barat sebanyak 3 orang, Kepulauan Sula 3 orang, Halmahera Selatan 1 orang, Halmahera Utara 6 orang, Pulau Morotai 7 orang, Kota Ternate 46 orang, dan Kota Tidore Kepulauan 18 orang. Sedangkan Halmahera Timur, Halmahera Tengah dan Pulau Taliabu belum ada yang reaktif. “Rapid test ini bukan akhir dari pemeriksaan. Hasil ini masih akan diuji lewat pemeriksaan lanjutan terkait sampel yang dikirim ke laboratorium di Makassar," pungkas Alwia.(mg-05)