Ini Lokasi Sebaran Pasien Positif Covid-19 di Kota Ternate

PAPARKAN: Gugus Tugas Kota Ternate memaparkan data sebaran pasien Covid-19. (PUTRI CA/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id - Kota Ternate menjadi daerah dengan kasus Covid-19 terbanyak di Maluku Utara, yakni 7 dari 14 kasus. Kondisi ini membuat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate mengkhawatirkan kemungkinan transmisi lokal. "Saya khawatir terjadi transmisi lokal. Kita harus waspada kapan saja bisa terjadi transmisi lokal, apalagi Kota Ternate kecil," ungkap Juru Bicara Medis Gustu Kota Ternate, dr. Muhammad Sagaf dalam konferensi pers Kamis (23/4). 

 

Gugus Tugas akan melakukan analisis untuk melihat tingkat kontak apakah sudah terjadi transmisi lokal. "Kalau sudah begitu (ada transmisi lokal, red) kita kerepotan," ujarnya.

 

Untuk itu, lanjut dr. Muhammad, pihaknya terpaksa harus membeberkan sebaran wilayah kelima pasien positif yang saat ini masih diisolasi di RSUD Chasan Boesoire. Tujuannya bukan untuk membuat panik namun agar warga waspada. "Untuk sebaran wilayah dari kelima pasien tersebut yakni wilayah Ternate Tengah, Selatan dan Utara. Dari Tabam, Toboleu, Kasturian, Kampung Makassar Timur, dan Jati," sebutnya sembari berharap masyarakat tidak menjustifikasi wilayah-wilayah tersebut. 

 

Untuk saat ini, kata dr. Muhammad, pihaknya terus lakukan tracking analisis penyelidikan terhadap pasien 05, 06, 07, 08, dan 09. "Kontak erat sementara ini ada tracking dan lakukan penyelidikan. Persinggahan pasien dimana itu yang lagi di-tracking. Skemanya kita tracing anak, istri dan tetangga sekitarnya, dan kami harap pasien juga ada keterbukaan agar petugas di lapangan tidak kerepotan," harapnya. 

 

Dengan adanya keterbukaan ini Gugus Tugas berharap akan menjadi perhatian bersama. "Mudah-mudahan kasus yang dibuka wilayahnya, kita bisa punya kesadaran tersendiri agar selalu jaga jarak, jauhi kerumunan, rajin cuci tangan dan pakai masker ketika beraktivitas di luar rumah," pungkasnya.(mg-05)