Ini Penjelasan Gugus Tugas Malut soal Beda Data Pasien Positif dengan Kemenkes

Data milik Kemenkes yang berbeda dengan rekapan Gustu Malut.

Ternate, malutpost.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku Utara akhirnya angkat bicara soal perbedaan data pasien positif corona Malut antara Gustu dengan Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, Gustu melaporkan adanya tambahan pasien positif Malut sebanyak 15 orang, sedangkan Kemenkes hanya mengonfirmasi 14 pasien baru.

 

Juru Bicara Gustu dr. Alwia Assgaf menyatakan, data yang disampaikan soal penambahan pasien positif per Kamis (30/4) sebanyak 15 orang sudah sesuai dengan laporan semua instansi terkait. "Data yang saya pegang dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan dan sudah disesuaikan dengan data kabupaten/kota, rumah sakit umum dan karantina, bahwa memang ada 15 kasus positif di Malut," tuturnya.

 

Menurut Alwia, data ini juga yang dikirim BBLK Makassar ke Balitbangkes Jakarta. "Dan sudah konfirmasi ke Kemenkes, mereka yang salah meng-input sehingga terjadi perbedaan data. Besok data 1 konfirmasi (positif) akan ditambahkan, demikian," jelasnya.

 

15 pasien baru yang dikonfirmasi Gustu itu 10 diantaranya berasal dari Ternate, 4 dari Pulau Morotai, dan 1 dari Halmahera Utara.(ikh)

 

*Berita ini sudah diedit pada pukul 20.41 WIT pasca Jubir Gustu menambahkan keterangannya.