Curhat Pasien Covid-19: Kami Ini Seperti Napi Corona Saja

Potongan video curhatan para pasien Covid-19.

Ternate, malutpost.id - Sejumlah pasien Covid-19 di Provinsi Maluku Utara curhat di media sosial. Dalam video curhatan yang viral itu, mereka mengaku bingung lantaran tak merasa gejala sakit apa-apa namun dikurung di ruang isolasi.

 

Video berdurasi 4 menit 10 detik itu direkam salah satu pasien positif Covid-19. Ia merekam rekan-rekannya sesama pasien di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoirie Ternate, Kamis (30/4).

 

Dalam video tersebut, salah satu pasien menyatakan mereka bersembilan dirawat tanpa ada gejala sakit fisik apapun seperti pusing, batuk, dan demam tinggi. Pasien mengaku kurang mendapat penjelasan rinci dari tenaga medis terkait label positif yang disematkan pada mereka. Para pasien juga tak bisa menerima penjelasan perawat yang bilang mereka termasuk orang tanpa gejala (OTG) dimana ada virus dalam tubuh namun karena imunnya kuat sehingga tetap merasa sehat-sehat saja. "Kami pikir-pikir ini nggak masuk akal. Virus ini bagaikan api dan tubuh manusia bagaikan air. Yang mana api dan air ini tidak akan nyaman bila menyatu dalam satu wadah," tutur salah satu pasien.

 

Para pasien juga menunjukkan ruang tempat salat berjamaah mereka serta kamar isolasi tempat mereka dirawat. Satu kamar dihuni dua orang. Saking bosannya dikurung di ruang isolasi, pasien menyatakan mereka seperti narapidana corona, yakni orang yang dipenjara gara-gara virus corona. "Model ini yang tong sehat jadi sakit," ujar pasien lainnya.

 

Hingga kini belum ada tanggapan dari Gugus Tugas Covid-19 Malut terkait video yang beredar luas tersebut.

 

Sementara itu, per Kamis hari ini ada tambahan 15 kasus positif Covid-19 di Maluku Utara. Penambahan ini membuat total kasus terkonfirmasi positif menjadi 41 orang.(mg-05)