Ini 5 Daerah di Malut Yang Diusul Terapkan New Normal

Samsuddin A Kadir /Foto : Hijarah Ibrahim

Ternate, malutpost.id - Lima daerah di Provinsi Maluku Utara diusulkan untuk menerapkan tatanan normal baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19.

 

"5 Daerah tersebut adalah Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, dan Kabupaten Halmahera Barat," kata Sekertaris Daerah Provinsi Malut Samsuddin A Kadir kepada malutpost.id, Ahad (31/5)

 

Menurut Samsuddin, 5 daerah tersebut memiliki jumlah kasus corona masih rendah, bahkan ada kabupaten yang hingga saat ini belum ada kasus positif COVID-19 sehingga diusulkan menerapkan new normal. 

 

"Untuk 5 daerah lain yang tidak diusulkan new normal karena masih dilakukan tahapan-tahapan tertentu sebelum diusulkan atau menerapkan new normal.

 

Dia bilang, meski sampai saat ini belum ada ketentuan resmi tentang pemberlakuan tersebut di Indonesia, namun Pemprov tetap mempersiapkan diri. 

 

"Kalau new normal diberlakukan di Ternate, saya justru melihat upaya penerapan protokol-protokol kesehatan lainnya," ujarnya. 

 

 

Terkait penerapan PSBB di Kota Ternate karena jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak, Samsuddin mengaku masih menunggu hasil kajian epidemiologi daerah tersebut.

 

"Kita punya kajian juga secara keseluruhan di Malut, tapi kan di Ternate ada gugus, otomatis kita menghargai apa yang mereka laksanakan," pungkasnya. (ikh)

 

 

-

Editor : Ikram Salim