Pemkot Ternate Siap Gratiskan Rapid Test, Ini Syaratnya

Burhan Abdurahman

Ternate, malutpost.id – Pemerintah Kota Ternate, akhirnya memfasilitasi tuntutan supir angkutan truk logistik antar pulau di Maluku Utara yang tidak mampu membayar rapid test. Selain supir truk, Pemkot juga menggratiskan rapid test bagi mahasiswa asal Ternate yang kuliah di luar Malut.

"Pemerintah kota sudah di sepakat, untuk anak sekolah yang balik ke kampus di luar Malut, kita akan keluarkan surat keterangan rapid test secara gratis,"ungkap Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin mendapatkan surat rapid test, bisa langsung ke Laboratorium  Kesehatan Daerah (Labkesda). Syaratnya, menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau surat keterangan dari kampus. ”Bahwa yang bersangkutan benar mahasiswa yang mau pulang, kita akan berikan secara gratis," tuturnya.

Untuk supir truk, Burhan menilai, mereka menjadi bagian penting dimasa pandemi Covid-19. Dari sisi perdagangan kata Burhan, supir memiliki peran membantu pemerintah menyuplai kebutuhan pokok masyarakat.

"Mereka dikategorikan stakeholder yang mendukung memperlancar penanganan Covid-19, karena jika mereka mogok maka bahan pangan tidak bisa disuplai," terangnya.

Untuk itu, lanjut Burhan, dirinya akan menyurat ke seluruh kepala daerah di Malut terkait kebijakan Pemkot tersebut. "Hari ini kita akan menyurat ke semua Pemda di Malut, kita berharap agar mereka juga melakukan hal yang sama," akunya sembari mengaku, kebijakan tersebut tidak untuk warga yang melakukan perjalanan mandiri.

“Perjalanan mandiri tidak disiapkan, karena alat rapid test yang dari pemerintah kota hanya untuk orang-orang yang kontak dengan pasien positif," pungkas Wali Kota dua periode itu. (mg-05)

 

-

Peliput : Putri Citra Abidin

Editor   : Ikram Salim