Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Tikep Meninggal

Saiful Salim

Tidore, malutpost.id - Pasien 173 inisial HS yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal di RSD Kota Tikep, Rabu (3/6), sekira pukul 17.55 sore tadi. Pasien perempuan berusia 75 tahun, asal Kelurahan Soasio, Kecamatan Tidore ini menghembuskan napas terakhirnya setelah kurang lebih 10 hari dirawat. Almarhumah diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 melalui pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) di laboratorium RSUD Chasan Boesori, Ternate, pada Selasa (2/6).

Juru Bicara Tim Gugus Tikep, Saiful Salim, menjelaskan HS ini merupakan ibunda dari salah satu Kepala OPD di lingkup Pemkot Tikep. Ia dirawat 10 hari di RSD Tikep dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). Sehari setelah masuk RSD, HS langsung dirapid test, karena hasil pemeriksaan penunjang foto thorax mengarah ke Covid-19 dengan gejala klinis ada gangguan pernapasan.

"Segingga pihak RSD Tikep langsung melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Pasien langsung dilambil swab dan dirawat diruang isolasi RSD Tikep," jelasnya.

Pada 2 Juni kemarin, lanjut Saiful, pihaknya mendapatkan surat pemberitahuan dari Tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara bahwa, HS terkonfirmasi positif Covid-19 dengan nomor pasien 173. Dan sehari setelah diumumkan hasil  swab, HS pun menghembuskan nafas terakhir.

Almarhumah, kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Tikep ini, tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Sehingga kasus ini bisa dikategorikan transmisi lokal. "Namun sampai saat ini kita belum mengetahui sumber penularannya," terangnya.

Saiful juga bilang, almarhumah rencanya dinakamkan malam ini di pekuburan Kelurahan Soasio dengan menggunakan protokol covid-19 oleh tim pemulasaran jenazah dari Tim Gugus Tugas Kota Tikep. (cr-03)

 

-

Peliput : Mahfud Husen

Editor   : Ikram Salim