Gempa 7,1 SR Guncang Morotai, Terasa di 6 Daerah Ini

Titik gempa di Malut, (SUMBER: BMKG)

Ternate, malutpost.id - Gempa teknonik berkekuatan 7,1 skala richter (SR) mengguncang laut Maluku Utara, Kamis (4/6) sore tadi. Dari data BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.93 lintang utara dan 128.19 barat timur , atau tepatnya di laut pada jarak 99 kilometer  arah Utara Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 111 kilometer.

Petugas Operasional Stasiun Geofisika Ternate, Taufan Taufik S.Tr  menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

“Gempa tersebut juga dirasakan di Provinsi Sulawesi Utara diantaranya Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong,” jelasnya.

Menurut Taufan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.  “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” tandas Taufan.

Kepala BMKG klas III Ternate, Kustoro Hadiyatmoko menjelaskan,  gempa tersebut akibat aktivitas dari subduksi lempeng Filipina. Kekuatan  gempa dirasa di wilayah Malut dan Sulawesi Utara, dilaporkan di Morotai terasa 4 Modified Mercalli Intesity (MMI), kemudian Bitung, Manado, Ternate, Tobelo hingga Weda. ”Itu 2 sampai 3 MMI gempah itu tidak berpotensi tsunami dan untuk laporan kerusakan kami masih berkoordinasi dengan kepala bidang II BPBD Morotai dan sementara di cek,” paparnya.

Dikatakannya, belum dilaporkan untuk gempa susulan. Untuk itu, Kustoro menghimbau kepada msayarakat agar tetap tenang. ”Dari pemerintah dan ketika terjadi keretakan di rumah penduduk, kita imbau masyarakat untuk hindari antisipasi untuk gempa susulan dan pastikan dapat informasi resmi dari kanal BMKG,” tandasnya.

Sementara di Kota Ternate sebagian warga panik dan berhamburan keluar gedung seperti yang terlihat di Sahid Bella Hotel, Kelurahan Jait, Ternate Selatan.  (tim)

-

Peliput : Hasbi Konoras/Putri Citra Abidin

Editor   : Ikram Salim