Puluhan Rumah Rusak Berat akibat Gempa Bumi di Morotai

Dinding salah satu rumah warga di Kabupaten Morotai ambruk akibat gempa sore tadi. (ISTIMEWA)

Daruba, malutpost.id  - Gempa tektonik berkekuatan 7,1 skala richter yang mengguncang Pulau Morotai, Kamis (4/6) pukul 17.49 WIT, mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan sebagian lain rusak ringan.

Data sementara yang dikantongi malutpost.id sebanyak 25 rumah rusak, itu tersebar di empat kecamatan yakni, Morotai Selatan Desa Totodoku 1 rumah, Morotai Timur Desa Mira 1 rumah, Morotai Utara Desa Lusuo 16 rumah rusak berat dan ringan, dan Kecamatan Morotai Jaya Desa Pangeo 7 rumah rusak berat.

Salah satu warga Desa Pangeo, Morotai Jaya, Fikardi mengatakan, dari data sementara di desanya terdapat 7 rumah rusak berat.  Meski begitu,kata Fikardi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. "Walau demikian tidak ada korban jiwa karena gempa terjadi perlahan-lahan, sehinga ada kesiapan dari warga untuk melindungi keselamatan diri," ujar Fikardi.

Dia berharap, pemerintah segera mengambil langkah untuk mengevakuasi warga serta bantuan. ”Kami  berharap bencana ini segera diperhatikan oleh Pemerintah terkait," harapnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pulau Morotai, Kusnadi Funae mengaku telah menerima informasi kerusakan sejumlah rumah rumah warga. Meksi begitu, kata Kusnadi pihaknya masih mendata mendata jumlah kerusakan material akibat musibah tersebut."Ada kerusakan rumah dan bangunan di desa-desa sementara di data," tandasnya.(tr-04)

 

-

Peliput : Sofyan Togubu

Editor   : Ikram Salim