Mengapa Hari Ini Kota Ternate Nihil Kasus Positif?

dr. Alwia Assagaf. (FOTO: IKRAM SALIM/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id – Kota Ternate, Maluku Utara hari ini tidak ada kasus positif Covid-19 baru. Padahal, sejak sebulan terakhir, kurva kasus positif di Kota Majang meningkat signifikan dan saat ini sudah tercatat 113 kasus dari total 178 kasus positif di Malut. Bahkan, dalam 10 hari terakhir terjadi penambahan 44 kasus terkonfirmasi positif baru di Ternate.

Data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, kasus terkonfirmasi positif per Jumat (5/6)  hanya 1 kasus dari Kota Tidore Kepulauan. ”Ini sesuai hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium Prodia Ternate, sebanyak 1 spesimen untuk 1 orang,” kata Juru Bicara Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf, Jumat (5/6).

Salah satu alasan belum adanya penambahan di Ternate lantaran RSUD CB kehabisan stok alat catridge TCM, sehingga belum bisa dilakukan pemeriksaan spesimen pasien. ”Kalau memang mau swab tes itu masih menunggu karena kita kehabisan catridge,” kata Alwia.

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengajukan permintaan alat yang digunakan di mesin TCM tersebut sebanyak 1 ribu unit. Hanya saja kata Alwia, yang terealisasi hanya 700 unit. ”Kabarnya sekitar 700 yang dikirim, tetapi catridge yang kita minta sebenarnya seribu,” kata Alwia.

Koordinator Divisi Penanganan Gustu Covid-19 Malut, dr. Idhar Sidi Umar mengungkapkan, saat ini terdapat ratusan warga Ternate yang reaktif sesuai hasil tracing kontak terhadap pasien positif. Dia menyarankan, Gustu Kota Ternate mengevaluasi kerja tim Covid-19, karena angka penularan di Ternate masih terus bertambah. ”Dan saat ini masih menunggu swab tes,” kata Idhar melalui rapat bersama di Sahid Bela Hotel, sore tadi. 

Sementara itu, data terbaru telah dilakukan pemeriksaan rapid tes terhadap 1852 orang di Ternate dari total 6267 orang di Malut. Hasilnya, 381 orang di Malut reaktif,  dan 178 diantaranya di Ternate, sisa tersebar di 8 kabupaten/kota. (ikh)

 

-

Editor : Ikram Salim