PPNI Malut Resmi Polisikan Akun Hafid Hasanudin, Laporan IDI Malut Menyusul

Pengurus DPW PPNI Malut dan Kota Ternate saat dimintai keterangan oleh anggota Polda Malut, Senin (8/6). (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id – Pemilik akun Facebook Hafid Hasanudin harus mempertanggungjawabkan unggahannya di media sosial Facebook. Pasalnya, Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Indonesia (DPW, PPNI) Maluku Utara, dan DPW Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malut resmi melaporkan akun tersebut ke Polda Malut, Senin (8/6).

Ketua DPW PPNI Malut, H. Muchlis Djailani saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah membuat laporan resmi ke Polda Malut melalui Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) atas dugaan pelecehan terhadap profesi dokter dan perawat itu.

“Kami sudah melapor kasus pelecehan dari terduga Hafid Hadasudin ke Polda Malut,” kata Muchlis kepada malutpost.id, Senin (8/6).

Muchlis bilang, saat ini pihaknya telah melengkapi dokumen laporan berupa foto copy status yang di tulis oleh Hafid Hasanudin di media sosial Facebook pada Ahad (7/6). ”Dan saat ini kami lagi lengkapi dokumen laporan antara lain kopian statusnya dan buat surat tertulis,” ungkapnya saat membuat laporan. 

Sementara Ketua DPD PPNI Kota Ternate Ns. Chandra Makassar (sebelumnya kami tulis Ketua PPNI Malut ) mengatakan, pihaknya bersama organisasi profesi lainnya termasuk IDI Malut membuat laporan karena postingan Hafid Hasanudin terlanjut viral dan telah melecehkan profesi tenaga medis yang saat ini berjuang untuk kemanusiaan. “Postingan seperti ini sangat menganggu pekerjaan kami, padahal kami bekerja dengan resiko nyawa kami sendiri,” tandasnya.

Selain laporan PPNI juga melampirkan surat pengaduan yang ditandangani Ketua DPW PPNI Malut, Muchlis Djailani dan ditujukan kepada Dir Krimsus Polda Malut tertulis pengaduan perkara dugaan tindak pidana iformasi dan transaksi elektronik (ITE) yang memiliki muatan pencemaran nama baik yang ditujukan langsung kepada tenaga kesehatan (Perawat dan Dokter), berupa tulisan/postingan dengan menggunakan media sosial Facebook oleh Hafid Hasanudin dengan alamat di Kota Ternate.

Ikut hadir dalam laporan tersebut Ketua DPW PPNI Maluku Utara, H. Muchlis Djailani, Ketua DPD PPNI Kota Ternate,  Ns. Chandra Makassar, Sekretaris DPD PPNI Kota Ternate, Hawa A. Hamzah, Ketua DPK PPNI Komisariat RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate.

Sementara, pemilik akun Hafid Hasanudin 4 jam lalu memosting video pendek permintaan maaf atas postingannya tersebut. Pemintaan maaf pria yang diketahui tinggal di Kelurahan Tafure, Ternate Utara itu justru menuai kecaman dari netizen yang terlanjur geram. Postingan Hafid sebelumnya juga telah dihapus namun tangkapan layar statusnya sudah beredar luas di medsos. (ikh)

 

-

Editor    : Ikram Salim