Usai Melapor Akun Hafid Hasanudin, Ungkapan dr. Alwia Bikin Haru

dr. Alwia Assagaf

Ternate, malutpost.id – Pemilik akun Facebook Hafid Hasanudin resmi dilaporkan oleh dua organisasi medis di Malut. Pasca dipolisikan DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Malut, laporan serupa juga dilayangkan oleh pengurus DPW Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malut ke Ditkrimsus Polda Malut, Senin (8/6).

Ketua DPW IDI Malut, dr. Alwia Assagaf menuturkan, laporan yang dilayangkan pihaknya lantaran unggahan akun tersebut sangat melukai hati dokter dan perawat yang sudah berbulan-bulan bertugas melayani pasien Covid-19. ”Selanjutnya, kami serahkan proses hukumnya ke Polda Malut, karena kami sudah melapor atas nama organisasi,” jelas Alwia usai membuat laporan resmi.

Dia bilang, jika diberi pilihan, maka petugas medis tentu akan memilih merawat pasien penyakit umum ketimbang pasien Covid-19. Apalagi, sejak pandemi terjadi di Indonesia sudah 31 dokter meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

”Selama ini sudah banyak akun-akun yang bilang dokter meng-covid-kan pasien yang sebenarnya tidak (menderita) Covid-19, bahkan diutungkan dengan adanya Covid-19, tetapi teman-teman dokter tidak pernah mundur, terus merawat pasien terduga maupun yang positif Covid-19,” kata Alwia, Senin (8/6).

Juru Bicara Gustu Covid-19 Malut itu mengatakan, di tengah ancaman nyawa karena tertular, para dokter dan tenaga medis lain tetap kukuh untuk tidak meninggalkan pasien Covid-19 dengan harapan, pasien segera sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga. Para dokter kata Alwia, hanya meminta masyarakat melaksanakan protokol pencegahan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 secepatnya. 

“Karena jika hal ini tidak diindahkan masyarakat, maka peningkatan pasien covid akan terjadi, RS akan mengalami overload dan para dokter pun akan mengalami kelelahan, jadi jangan ditambah lagi postingan seperti ini,” ujarnya.

Magister kesehatan itu bilang, pilihan percaya hoaks sebagai kebenaran ada pada pembaca, namun mestinya lebih bijak dan hati-hati serta mampu menganalisa realita yang terjadi.  Alwia tidak menepis sejak munculnya virus ini terjadi banyak kontroversi  di dunia.

”Karena ini penyakit baru yang mengejutkan semua pihak termasuk ahli kesehatan, darimana asalnya, namun virus ini nyata , dan penyakit ini nyata,” katanya sembari mengutip harapan tenaga kesehatan bahwa doanya sama dengan semua masyarakat. ”Semoga Allah SWT segera mengangkat penyakit ini lenyap dari bumi ini dan kehidupan bisa berjalan dengan normal kembali,” pungkasnya. (ikh)

 

 

-

Editor    : Ikram Salim