Shalat Jadi Protokol Covid-19 Ampuh Ala Gubernur Malut

Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba bersama Forkopimda saat memantau pusat pembelanjaan. (FOTO: DEVA KOREM 152 BABULLAH)

Ternate, malutpost.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara meninjau pusat perbelanjaan moderen di Kota Ternate, Rabu (17/6).  Peninjauan itu untuk memantau aktifitas masyarakat di tengah adaptasi kebiasan baru.

Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba mengatakan, dari amatannya di pusat perbelanjaan seperti Muara Mall, Hypermart dan Jatiland Mall masih tampak pengunjung yang tak mematuhi protokol seperti tidak menggunakan masker. “Saya lihat tadi banyak yang pake masker tapi masih ada satu dua orang yang tidak pakai,” kata Gubernur.

Dia mengaku, kurva kasus positif di Malut masih terus bertambah, hal ini kata AGK, akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19. Menurutnya, salat juga bagian dari prokotol kesehatan yakni berwudhu. “Tiap hari naik, itu menandakan kita belum disiplin, tetapi kalau dengan displin salat pasti bisa (patuhi protokol) karena itu tanpa diperintah,” jelasnya.

Sementara Kapolda Malut, Irjen (Pol) Rikhwanto mengatakan, pihaknya turut terlibat dalam menjaga keamanan selama penerapan kebiasan baru. Dengan adaptasi kebiasan kata Rikhwanto maka kegiatan sosial ekonomi masyarakat tetap berjalan namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

”Ekonomi harus jalan, hanya saja masyarakat harus tetap mengikuti adaptasi kebiasan baru yakni jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan ini yang akan kita kontrol,” ujarnya.

Dia menegaskan, masyarakat yang tidak bisa mematuhi anjuran, maka tidak diijinkan untuk beraktifitas di pusat ekonomi. Dia bilang, personil juga disiagakan di areal pembelanjaan untuk mengontrol fenomena masyarakat. ”Itu dilarang, tetapi kita juga memberikan edukasi, namun kita juga siapkan masker tetapi kedepan harus mandiri (beli masker sendiri),” pungkas jendral bintang dua itu. (ikh)

 

-

Editor  : Ikram Salim