Sembuh dari Corona, Inspektur Malut Akhirnya Berkumpul dengan Keluarga

Ahmad Purbaya saat diantar oleh petugas medis ke lobi Hotel Sahid, Kamis (18/6). (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id - Inspektur Provinsi Maluku Utara, Ahmad Purbaya akhirnya bisa berkumpul bersama keluarga. Dia dinyatakan sembuh dari virus corona oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Malut, Kamis (18/6). 
 
Malam tadi sekira pukul 20.00 WIT pejabat teras di Pemprov Malut itu pun diizinkan pulang dan menjalani karantina mandiri selama 7 hari sebelum kembali beraktifitas. Kabar sembuhnya itu dikonfirmasi langsung kepadanya. 
 
Ahmad Purbaya menjelaskan, hasil sembuh dari virus Covid-19 berdasarkan swab test di RSUD Chasan Boesoirie, Ternate dua kali. "Saya sekarang sudah di rumah, ini yang kedua kali hasilnya negatif, dan saya diberitahu langsung oleh kepala dinas kesehatan dan Dirut RSUD CB," jelasnya, Kamis (18/6) malam. 
 
Dia bilang, hasil pemeriksaan swab terakhir diterimanya tadi sore dengan hasil negatif. Ahmad mengaku telah menjalani karantina selama 28 hari saat reaktif rapid test maupun terkonfirmasi positif. 
 
"Kalau di Hotel Sahid itu 18 hari, tapi saya sudah karantina di rumah setelah tahu reaktif," ujarnya. 
 
Lanjut Ahmad, kesembuhannya itu tak lepas dari atensi tim medis selama menjalani karantina serta  mematuhi protokol tetap covid yang dianjurkan petugas. 
 
"Terima kasih juga buat Habib Abubakar Bin Hasan Alatas dan Pak Gubernur atas doa dan bantuannya, terima kasih atas teman-teman perawat dan dokter serta kadis kesehatan dan dir RSUD serta kepala laboratorium RSUD," katanya.
 
Disisi lain, dirinya juga menyarankan tim gustu Covid-19 terkait pemulihan dasar, psikologi mestinya memberikan edukasi per RT terutama pada tetangga pasien positif. "Kemarin memang sudah dilakukan tapi itu per kelurahan makanya saya sudah sarankan agar dilakukan per RT untuk menghindari stigma negatif," paparnya sembari menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran kesehatan agar tidak tertular virus corona. "Sekarang harus hati-hati terhadap transmisi lokal," pungkasnya.  (ikh)
 
 
 
-
Peliput : Tim
Editor   : Ikram Salim