Sehari 3 PDP Covid-19 di Malut Meninggal Dunia

Proses pemakaman pasien

Tidore, malutpost.id - Sebanyak 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Maluku Utara meninggal dunia di hari yang sama, Kamis (18/6). 
 
Tiga pasien yang baru meninggal tersebut yakni 2 pasien asal Halmahera Utara dan satunya dari Kota Tidore Kepulauan. Ketiganya meninggal di rumah sakit daerah masing-masing setelah menjalani perawatan. 
 
Untuk pasien asal Tidore diketahui meninggal sekira pukul 15.58 WIT di ruang isolasi RSD Kota Tidore Kepulauan. Pasien asal Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara berinsial YA (62 tahun) itu sempat mendapat perawatan medis selama 3 hari.
 
"Pasien masuk RS pada tanggal 16 Juni 2020 dengan keluhan sesak, batuk dan demam hilang timbul, kemudian dilakukan pemeriksaan penunjang berupa foto thorax/rontgen dan rapid test," kata Jubir Peecepatan Penangana  Covid-19 Kota Tikep, Saiful Salim, Kamis (18/6) .
 
Hasil rontgen lanjut Saiful, tampak terjadi pneumonia dan pembesaran jantung (cardiomegaly) selain ada penyakit penyerta yakni gagal jantung. Dia bilang, gejala klinis dan foto rontgen menunjukan adanya indikasi Covid-19. "Maka dokter merekomendasikan untuk dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif," paparnya.
 
Lanjut Salim, almarhum sudah dilakukan pengambilan spesimen swab pada Rabu kemarin melalui jalur mandiri di Laboratorium Prodia, Ternate. "Tetapi hasilnya belum ada, kemungkinan sehari dua sudah ada," katanya.
 
Proses pemakaman dilakukan dengan protap Covid-19 setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga. Pemakaman dilakukan malam ini pukul 22.00 WIT di pekuburan umum Kelurahan Rum Lingkungan 1 oleh Tim Pemakaman Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan.(mg-06)
 
 
 
-
Peliput : Bambang Cahyadi
Editor   : Ikram Salim