Taliabu Masuk 74 Wilayah Bebas Korona di Indonesia

Ilustrasi corona (Foto Tempo)

Ternate, malutpost.id – Kabupaten Pulau Taliabu menjadi satu-satunya daerah di Maluku Utara yang masuk zona hijau atau wilayah bebas corona virus disease 2019 (Covid-19).

Capaian itu menjadikan Taliabu masuk dalam daftar 74 wilayah administrasi kabupaten/kota kategori daerah yang belum pernah atau tidak ada kasus korona di Indonesia. Daerah nol kasus diantaranya Kota Tual, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru serta beberapa wilayah lainnya.

Laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut per 25 Juni 2020, Taliabu masih tercatat nol kasus dengan kumulatif kasus 3 orang tanpa gejala (OTG) telah selesai masa pemantauan dan 11 kasus orang dalam pemantauan (ODP) juga telah selesai masa pemantauan. Sedangkan pemeriksaan rapid test sudah dilakukan sebanyak 969 orang, hasilnya semuanya non reaktif. 

Berbeda dengan kabupaten tetangga, kepulauan sula dengan 18 kasus positif per Jumat 26 Juni 2020. Atau tertinggi keenam di Malut dibawa Kota Ternate dengan 329, Kota Tidore 127 kasus, Halmaher Utara 93 kasus, Halmahera Selatan 35 kasus, dan Kabupaten Pulau Morotai 19 kasus. 

Terkait itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menuturkan,  sejauh ini pihaknya juga menerima laporan kegiatan gugus tugas termasuk kumulatif kasus. ”Kegiatan OTG dan lainnya itu ada, namun sudah selesai masa pemantauan,” jelasnya.

Menurut Alwia, sejauh ini Gustu Covid-19 Taliabu belum mengirim spesimen swab pasien suspek terpapar corona untuk diperiksa.  Apalagi, lanjut Alwia, RSUD Pulau Taliabu belum bisa mengambil sampel usap pasien reaktif. ”Sehingga kalau ada pasien reaktif itu ke RS Sanana, kita tentu percaya dengan hasil ini tetapi komunikasi terus kita bangun dengan provinsi Taliabu untuk memastikan protap ini dijalankan dan laporannya itu sudah sesuai protap,” pungkasnya. (ikh)

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram Salim