Soal Banjir di Sula, Begini Penjelasan Doni Monardo

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo bersama Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman saat menuju ruang rapat Gustu Covid-19 Malut di Hotel Sahid Bela, Senin (6/7). (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, telah menerima informasi musibah banjir bandang yang menerjang Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur.
 
Dia memastikan segera menerjunkan tim dari BNPB untuk turun langsung dilokasi bencana dalam waktu dekat. "Belum ada tim ya, tapi nanti akan segera datang tim dari pusat dari BNPB," kata Doni usai konferensi pers dengan wartawan saat meninjau kesiapan Gustu Covid-19 Malut di Hotel Sahid Bela, Senin (6/7).
 
Doni bilang, sama seperti kejadian gempa bumi di Kabupaten Pulau Morotai yang menyebabkan ratusan rumah warga rusak, pihaknya juga menurunkan tim untuk menilai baik kerugian maupun penanganan.
 
"Kalau di Morotai tim sudah turun menilai, tapi bantuannya belum," tandas Jendral TNI-AD bintang tiga itu.
 
Sementara itu, di Desa Waitina terjadi dua kali banjir bandang yakni pada Sabtu (4/7) dan Senin (6/7) pagi tadi. Kondisi memaksakan lebih dari 100 kepala keluarga mengungsi di posko darurat yang disiapkan BPBD. 
 
"Saat ini banjir sudah mulai surut, dan alat dari Pemda juga sudah dikirim untuk melakukan normalisasi dan pembersihan," tandas Hendra. (ikh)
 
 
-
Peliput : Tim
Editor   : Ikram