16 Personil Tim Gustu Covid-19 Kabupaten Taliabu Reaktif

Petugas Gustu Covid-19 Pulau Taliabu stay di Posko Gustu, Kamis (16/7/2020). (Foto: Rido/malutpost.id)

Bobong, malutpost.id - Sebanyak 17 warga Kabupaten Pulau Taliabu dinyatakan reaktif hasil tes cepat atau rapid test oleh petugas medis Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu. 
 
"17 orang reaktif hasil rapid test itu diantaranya tercatat satu orang pelaku perjalanan dari Kota Ternate, 16 orang petugas dari Tim Gugus Tugas Pulau Taliabu. Ini sesuai hasil rapid test yang dilakukan dari tanggal 13-14 kemarin," ungkap Sekertaris Gustu Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon kepada malutpost.id, Kamis (16/7). 
 
Sutomo menjelaskan, dari data yang ada sedianya ada 18 orang yang tercatat reaktif, namun salah satunya dari hasil rapid kabur sehingga harus dirapid tes ulang. "Terkait langkah Gustu saat ini mengkarantinakan 10 orang di penginapan Ilfa Mal, Dusun Fangahu, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, sementara yang lainnya menjalani karantina di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan," jelasnya. 
 
Sutomo bilang, mereka yang reaktif rapid test direncanakan hari ini dilakukan swab test di rumah sakit umum (RSU) Bobong untuk dikirim ke Ternate. 
Atas nama tim Gustu Taliabu mengimbau kepada warga agar tetap beraktifitas seperti biasa tanpa harus panik dengan sejumlah orang yang reaktif itu.
 
"Masyarakat jangan panik, karena hasil rapid test ini belum tentu orang-orang tersebut bergejala Covid-19. Harapan kita dari hasil swab test nanti yang akan dikirim ke Ternate semua negatif Covid-19. Yang jelas Taliabu tetap Zona hijau sampai sekarang," tandasnya. (rid)
 
 
 
-
Peliput : Ridwan Arif
Editor   : Ikram Salim