Gustu Covid-19 Malut Serahkan Mesin PCR ke RSUD

Sekertaris Gustu Malut Samsuddin A. Kadir usai menyerahkan mesin pCR ke RSUD dr Chasan Boesoirie, Senin (10/8/2020). (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id - Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Maluku Utara menyerahkan mesin polymerace chain reaction (PCR) ke RSUD dr Chasan Boesoirie, Senin (10/8/2020). Alat yang digunakan untuk memeriksa spesimen virus korona tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Samsuddin A. Kadir kepada Direktur RSUD CB dr Samsul Bahri. 

Samsuddin mengatakan, sebelumnya gustu mengalami kesulitan dan kendala untuk mendeteksi wabah tersebut karena harus mengirim spesimen ke luar daerah akibat belum adanya untuk memeriksa spesimen.

"Alhamdulillah mesin PCR yang kita miliki dan sudah terpasang bisa menyelesaikan dengan mudah,” ucapnya.

Menurut Samsuddin dengan adanya mesin PCR dapat membantu petugas yang bekerja di laboratorium untuk bisa bekerja lebih cepat. Selain itu, dirinya juga telah meninjau beberapa persoalan yang mungkin segera diantisipasi terutama perluasan terkait ruangan yang masih sempit. Namun begitu, mesin PCR pengadaan gustu maupun bantuan BNPB sudah bisa dioperasikan.

"Saat ini mesin PCR sudah bisa menyelesaikan kurang lebih 120 sampel sekali putaran, yang terdiri dari 96 sampel sekali putaran itu pengadaan langsung gustu dan 30 sampel dari merupakan mesin bantuan BNPB,” ujarnya. (ikh)

 

-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram