Mobdin DG 1 Pulau Taliabu Menunggak Pajak, Ini Besarannya

Ilustrasi mobil dinas Bupati.

Bobong, malutpost.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu menunggak pajak kendaraan dinas baik roda dua dan roda empat sebesar Rp 530.267. 694.
 
Data yang dikantongi malutpost.id, tercatat tunggakan pajak kendaraan dinas Pemkab Taliabu itu terhitung dari tahun 2016-2020 saat ini.
 
"Tunggakan pajak untuk roda empat sebesar Rp 460.952.734, sementara  jenis roda dua yang tersebar di OPD Pemkab Taliabu Rp 69.314.960," kata Kepala Kantor UPTD Samsat Taliabu, Syahrudin Saere, kepada wartawan, Kamis (27/8/2020). 
 
Dia bilang, salah satu pajak mobdis yang menunggak yakni mobil DG 1 HP milik Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus  yang tercatat di Sekretariat Daerah Pemkab Taliabu dengan tunggakan pokok mencapai Rp 8.302.500, dan denda keterlambatan sebesar Rp 1.411.425. 
 
"Kalau DG 1 Taliabu tahun tunggakan di 2019 kemarin,"jelasnya. 
 
Ia mengaku, pihaknya sudah menyurat sebanyak dua kali ke Setda Taliabu, namun tidak ada respon. "Kami meminta Pemkab membayar tunggakan pajak kendaara dinas yang ada. Paling tidak memberikan contoh kepada masyarakat agar aktif membayar pajak di daerah ini," ujar Syahrudin. 
 
Mantan Guru SMP Islam Ternate itu menambahkan, selain tunggakan kendaraan dinas dilingkup Pemkab, pihaknya mencatat, total tunggakan pajak kendaraan pribadi di wilayah Taliabu juga berkisar diangka puluhan juta.
 
"Kami butuh kerjasamanya yang baik, baik Pemkab maupun pemilik kendaraan pribadi, karena persoalan pajak kendaraan itu adalah kewajiban yang harus dibayarkan,"tandasnya.(rid)
 
 
 
-
Peliput : Ridwan Arif
Editor   : Ikram