Muliadi: Check Up Kesehatan, Gubernur Tetap Hadiri Pertemuan dengan Kementerian

Mulyadi Tutupoho

Sofifi, malutpost.id - Kepala Biro Humas Setda Maluku Utara, Muliadi Tutupoho angkat bicara soal keberadaan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba yang masih di luar daerah. 

Menurut Muliadi, sejak beberapa hari terakhir gubernur tidak berada di tempat. Namun, dirinya sedang berobat di Jakarta. 
 
"Meskipun pak gubernur sementara sedang melakukan perawatan kesehatan di Jakarta, akan tetapi ada beberapa agenda kementerian yang beliau tetap hadiri," katanya.
 
Dirinya menyebutkan, ada sejumlah agenda yang diikuti gubernur selama berada di Jakarta seperti rapat penandatangan MoU PT SMI lewat virtual pada 13 Agustus. 
 
Kemudian pertemuan dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo yang juga dihadiri Kalak BPBD Malut di kantor pusat BNPB Jakarta. Pada 17 Agustus bertempat di hotel Bidakara Gubernur, Kadinkes, Kepala Inspektorat, Kalak BPBD dan Kepala Perwakilan melaksanakan upacara kenaikan dan penurunan bendera merah putih lewat virtual yang disiarkan langsung dari istana merdeka Jakarta.
 
"Pada 18 Agustus, gubernur melaksanakan operasi mata katarak di RS Mata JEC Menteng ditangani oleh dr. Johan Hutahuruk," kata Mulyadi. 
 
Lanjut Mulyadi, 19 Agustus gubernur melaksanakan kontrol mata setelah operasi mata dengan dokter yang sama. Pada 24 Agustus, penandatanganan MoU BLK dengan Menteri Tenaga Kerja di kantor pusat, dilanjutkan 25 Agustus, gubernur kembali melakukan kontrol mata di RS Mata JEC Menteng. 
 
"Dan 26 Agustus, gubernur melaksanakan agenda virtual vicon dengan KPK di Jakarta, dilanjutkan pertemuan dengan Menko Maritim di kantor pusat yang diikuti Kadis Perhubungan, Kadis Perikanan, dan Kadis ESDM. Dan pada tanggal 31 Agustus, gubernur kembali melakukan ceck up kesehatan," papar Mulyadi.
 
Juru Bicara Kantor Gubernur itu bilang, meski berada di luar daerah agenda dan kegiatan gubernur masih bisa diwakili wagub dan sekda yang dapat menjalankan roda pemerintahan. 
 
"Pemerintahan tidak bergantung pada seorang gubernur saja, masih ada Wagub dan Sekda yang dapat menjalankan pemerintahan," tandasnya.
 
Olehnya itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat agar tidak berspekulasi wacana yang liar. "Intinya pak gubernur ke Jakarta bukan baronda. Selain melakukan kontrol kesehatan rutin, pak gubernur juga melakukan pertemuan dengan beberapa Kementerian di Jakarta," akunya.
 
Muliadi juga mempersilahkan kepada masyarakat untuk tetap melakukan kritik. Pemprov tidak keberatan dan selalu membuka diri ke publik untuk selalu dikritik dan dikontrol, namun sifatnya membangun. 
 
"Pada Selasa hari ini, sesuai rencana gubernur  akan kembali ke Ternate untuk melaksanakan tugas," tandasnya. (cr-03)
 
 
 
 
-
Peliput : Mahfud Husen
Editor   : Ikram