Setahun Halteng Tak Punya Ketua DPRD, Nama Ini Akhirnya Disetujui Gubernur Malut

Sekprov Malut Samsudin Abdul Kadir. (Foto: Mahfud/malutpost.id)

Sofifi, malutpost.id - Polemik kursi ketua DPRD Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara berakhir. Ini setelah Gubernur Malut,  Abdul Gani Kasuba menyetujui Sakir Ahmad sebagai Ketua DPRD Halteng berdasarkan usulan dari DPRD Halteng. 

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut, Samsudin Abdul Kadir, mengatakan, pihaknya telah memberikan jawaban kepada Bupati Halteng Edi Langkara terkait surat balasannya.

Ini karena sudah tiga kali dilakukan usulan ke Bupati Halteng agar segera melakukan pengusulan ketua DPRD Halteng ke gubernur sesuai dengan usulan dari DPRD Halteng. Namun, surat dari gubernur ini tidak ditindaklanjuti, dalam balasannya justru meminta waktu. 

"Tapi karena pertimbangan dari kita sudah terlalu lama, maka kita menjawab surat bupati tersebut. Kita juga sudah proses suratnya," jelasnya saat ditemui kemarin (2/9).

Samsudin bilang, sampai saat ini tidak ada nama yang diusul DPRD Halteng terkait. Sehingga gubernur menyetujui usulan nama tersebut.

"Hanya satu nama itu (Sakir Ahmad, red) yang diusulkan," tuturnya sembari mengatakan, SK sudah diproses. 

"Kalau waktu pelantikannya nanti menunggu Sekretariat DPRD Halteng. Karena pelantikannya dilakukan di DPRD Halteng dan yang melantik mungkin ketua pengadilan," tandasnya.

Sekadar diketahui, polemik Ketua DPRD Halteng sudah berlangsung sejak akhir 2019 lalu. Sekretariat DPRD Halteng telah mengusulkan Sakir Ahmad, Ketua DPD II Golkar Halteng sebagai Ketua DPRD.

Usualn tersebut disampaikan ke gubernur melalui bupati. Namun sampai saat ini, bupati tidak menindaklanjuti usulan tersebut lantaran terjadi satu dan lain hal. (cr-03)

 

 

 

-

Peliput : Mahfud Husen

Editor : Ikram