Gubernur Setuju Ricky CH Richfat Pj Sekda Haltim

Ricky CH Richfat

Sofifi, malutpost.id - Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) akhirnya mengambil langkah cepat mengakhiri kegaduhan di balik pengangkatan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Timur (Haltim).
 
Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) itu sudah mengeluarkan surat persetujuan pelantikan Pj Sekda Haltim. Langkah AGK ini sekaligus menganulir surat edaran (SE) penundaan pengusulan Pj Sekda yang diduga hasil rekayasa oknum Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malut.
 
Surat persetujuan gubernur yang ditujukan kepada Bupati Haltim itu tertanggal 3 September 2020. Surat dengan Nomor: 821.2/JPTP/64/IX/2020 yang ditandatangani gubernur itu intinya menyetujui penetapan dan pengangkatan Ricky Chairul Richfat sebagai Penjabat Sekda Haltim.
 
Selanjutnya, gubernur memerintahkan kepada Bupati Haltim untuk menetapkan dan melantik yang bersangkutan sebagai penjabat Sekda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut Samsuddin Kadir mengatakan, surat usulan telah diproses dan sudah disetujui gubernur.
 
"Iya sudah. Untuk pelantikan tergantung Pemkab Haltim, karena bupati yang lantik," ujarnya.
 
Terkait surat edaran yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) agar usulan penjabat Sekda Haltim dilakukan setelah penjabat bupati, Samsuddin menegaskan hal itu tidak berlaku lagi. "Ini gubernur telah mengeluarkan surat keputusan (SK). Bahkan SK-nya sudah diserahkan ke Kabag Hukum Pemda Haltim," terang Sekprov. (cr-03)
 
 
 
 
-
Peliput : Mahfud Husen
Editor   : Ikram