Berkas Balon Wakil Wali Kota Ternate Ini Masih Kurang

Komisioner KPU Ternate Luas Suwarno. (Foto: Ikh/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate resmi menyampaikan hasil penelitian persyaratan empat pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Ternate. Dari 4 pasangan, Merlisa Marsaoly dan Juhdi Taslim masih terdapat kekurangan dokumen persyaratan yakni hasil pemeriksaan kesehatan paslon.

“Ke empatnya (pasangan) memenuhi syarat, terkecuali untuk Merlisa dan Juhdi Taslim, karena Pa Juhdi masih dalam proses kelanjutan melakukan proses kesehatan (karena terpapar korona),” kata Komisioner KPU Kota Ternate Kuad Suwarno kepada sejumlah wartawan usai pleno verifikasi dokumen persyaratan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Ternate, Senin (14/9/2020).

Menurut Suwarno, masuk dalam ketentuan keputusan KPU nomor 742 tahun 2020 yang memberikan perpanjangan waktu pendaftaran sampai batas terakhir pada 21 September. Dia bilang, Juhdi Taslim saat ini telah melakukan isolasi mandiri.

“Tanggal 19 atau 20 September sudah bisa melakukan pemeriksaan (kesehatan) dan 21 September hasilnya sudah bisa diperoleh dan pada 23 September nanti jika tidak ada aral melintang kita akan menetapkan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Ternate menjadi calon wali kota dan wakil wali kota,” jelasnya.

Suwarno berujar, dari  aspek syarat pencalonan keempat pasangan calon dianggap memenuhi syarat. Hanya saja,  proses pemeriksaan kesehatan dalam Pilkada kali ini harus memenuhi standar prosedur covid-19. 

“Jadi kalau yang terindikasi covid ya dia harus melakukan isolasi mandiri dan kita pantau oleh dinas kesehatan bahkan dari KPU, jadi baru 7 hasilnya sudah keluar tinggal 1 yang belum pemeriksaan kesehatannya,” pungkasnya. (ikh)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram