Pendemo UU Omnibus Law di Ternate Rusaki Fasilitas Publik

Tangkapan layar video pendemo UU Omnibus Law Cipta Kerja di Ternate merusak fasilitas publik yang ada di depan Jatiland Mall, Kamis (8/10/2020).

Ternate, malutpost.id – Hari ini sejumlah aksi demonstrasi dilakukan di beberapa daerah di Indonesia termasuk Kota Ternate, Maluku Utara. Aksi protes yang dilakukan mahasiswa tersebut buntut dari kekecewaan disahkannya Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Dari aksi tersebut, 16 orang mahasiswa diamankan oleh tim gabungan Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) karena diduga melakukan pengrusakan fasilitas publik di beberapa titik di Kota Ternate termasuk fasilitas publik berupa tempat duduk yang berada didepan Jatiland Mall Ternate, pada Kamis (8/10/2020).

“Iya benar, kami menahan sejumlah mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi penolakan Undang-undang Cipta Kerja yang dilakukan di Kota Ternate tadi,” kata Kepala Bidang Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan.

Menurut Adip, saat ini sejumlah mahasiswa tersebut masih diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui lebih jauh peran masing-masing apakah terkait dengan dugaan pengrusakan fasilitas umum ataupun hal yang lainya.

"Untuk berapa orang yang diamankan, saya belum tau pasti. Namun yang pasti mereka sudah diamankan dan masih dilakukan pemeriksaan," tuturnya.

Dari lokasi yang dilakukan demonstrasi mahasiswa semenjak sore tadi, sejumlah fasilitas publik baik tempat duduk dan taman di pembatas jalan di depan  Jatiland Mall Ternate serta pagar pembatas terminal yang berada di depan pasar higienis Bahari Berkesan juga menjadi sasaran pendemo.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) juga diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan sejumlah fasilitas yang menjadi sasaran pendemo.

Hingga berita ini tayangkan malutpost.id, aparat kepolisian Polres Ternate masih melakukan pengamanan di depan kantor Wali Kota Ternate. (ikh)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram