Partisipasi Pemilih di Tikep Tertinggi Kedua Nasional, Ini Penyebabnya

Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan, Abdullah Dahlan. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Partisipasi masyarakat di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara dalam mengikuti pilkada serentak 2020 menduduki angka tertinggi kedua nasional atau pertama di Maluku Utara setelah Tomohon, Sulawesi Utara. Selain Tikep, Kota Ternate juga masuk dalam 5 besar parmas tertinggi nasional.

Ketua KPU Kota Tidore Kepulaun, Abdullah Dahlan menjelaskan, partisipasi masyarakat Kota Tikep pada Pilkada 2020 tercatat 91,34 persen. Partisipasi ini tertinggi sekaligus melampaui target nasional yakni 77,50 persen. "Pilkada 2015 lalu partisipasi 83 persen, Pilgub 2018 itu 86 persen, Pemilu 2019 partisipasi 89 persen, dan naik lagi pada Pilkada 2020 ini menjadi 91 persen," jelas Abdullah kepada malutpost.id, Jumat (18/12/2020).

Aloed panggilan akrab Abdullah menjelaskan, ada beberapa alasan tingkat partisipasi pemilih di Tikep meningkat siginifikan meski di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, kata Aloed, sosialisasi secara masif terhadap semua simpul aktivitas masyarakat. "Masyarakat Tidore yang masih homogen, tentunya kita sebagai penyelenggara punya cara yang tepat untuk mengajak berpartisipasi. Kita melakukan sosialisasi dari kampung ke kampung dengan nama "Sigaro Memilih". Selain itu kita memanfaatkan wadah sarana ibadah semisal Masjid dan Gereja disetiap Jumat dan Minggu untuk sosialisasi setiap tahapan pilkada," jelas Abdullah.

Program lainnya, lanjut Abdullah, melalui “KPU Goes to Campus” untuk mahasiswa dan, “Goes to Shcool” untuk pelajar SLTA. Dua program ini menyasar pemilih milenial atau pemula. "Lalu strategi lain, KPU Tikep harus benar-benar membereskan data pemilih se-akurat mungkin, dan bekerjasama dengan Dukcapil untuk melakukan perekaman KTP elektronik kepada warga," paparnya.

Lebih lanjut Abdullah bilang, secara struktural kerja tim antara KPU, PPK, PPS dan PPDP penting untuk digalang agar semua bekerja secara maksimal. "Tentunya kita tetap mengedepankan protokol kesehatan juga selamat tahapan," tandas Abdullah. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram