Gugatan JOS Diterima, KPU Halut Diperintahkan Buka Kotak Suara

Ilustrasi gedung Mahkamah Konstitusi. (istimewa)

Tobelo, malutpost.id -- Mahkamah Konstitusi (MK) segera menyidangkan perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah, Gubernur, Wali Kota dan Bupati serentak 2020. Salah satu gugatan dari calon kepala daerah asal Maluku Utara yang diterima MK yakni pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, Joel B. Wogono dan Said Bajak (JOS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Halut, Muhammad Rizal kepada malutpost.id menjelaskan, gugatan paslon JOS diterima MK. Untuk itu, KPU RI telah membuat surat edaran ke KPU jajaran untuk menyiapkan alat bukti dalam sidang nanti. Edaran tersebut kata Rizal, Nomor: 1232PY.02.1- SD03/KPUXI:2020 dengan perihal persiapan menghadapi perkara pengajuan permohonan PHP serentak tahun 2020 yang diterima.

"KPU Halut juga sudah menerima nomor registrasi pemohonan perkara Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halut bernomor: 57/PHP.BUP-XIX/2021," ungkap Rizal, melalui handphone.

Rizal mengungkapkan, dalam surat tersebut juga dijelaskan oleh KPU RI untuk membuka kotak suara untuk mengambil dokumen yang akan dipergunakan sebagai bukti sebagai alat perkara perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Halut.

Rizal bilang, pembukaan kotak akan dilakukan malam pukul 19.30 WIT. Terkait ini, KPU Halut telah menyurat ke terkait lainnya seperti Bawaslu untuk hadir dalam pembukaan kotak suara. "Ini untuk mengambil bukti tambahan sesuai gugatan yang diajukan ke MK, KPU tetap siap menghadapi gugatan dan akan memberikan keterangan disertai bukti-bukti yang sesuai dalam persidangan nanti," pungkansya. (cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram