KPU Ternate Akhirnya Buka Kotak Suara

Ilustrasi buka kotak suara. (FOTO: Kompas)

Ternate, malutpost.id -- Komisi Pemilihan Umum Kota Ternate diperintahkan untuk membuka kotak suara. Pembukaan kotak suara itu untuk mengambil dokumen yang akan dijadikan barang bukti dalam sidang perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan oleh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Ternate Muhammad Hasan Bay-Asghar Saleh.

Rencananya, kotak suara akan dibuka pada Rabu (20/1/2021) dan dihadiri semua pihak terkait. Salah satu pokok gugatan yang disengketan yakni di lima kecamatan yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ternate Selatan, Ternate Tengah, Ternate Utara, Ternate Pulau dan Barang Dua.

"Besok jam 2 (siang) kita buka kotak, untuk mengambil bukti-bukti tambahan yang diperlukan," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Ternate, Mutmainah Daeng Barang, Selasa (19/1/2021).

Kotak yang dibuka sebanyak 43 kotak suara. Hanya saja, Ina sapaan akrabnya, tidak menyebutkan dokumen apa saja yang diambil. "Kita sudah sampaikan ke pihak terkait termasuk Bawaslu untuk pembukaan kotak besok," ucapnya. Gugatan MHB-GAS telah teregistrasi dengan nomor perkara 55/PHP.KOT-XIX/2021, yang tercatat dalam buku register perkara konstitusi elektronik PHP Gubernur, Walikota dan Bupati tahun 2020.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram