Nunggak Tagihan Listrik, Kantor Dekot Ternate Gelap Gulita

Sejumlah ruangan di kantor DPRD Kota Ternate tampak gelap karena listrik padam, Selasa (25/1/2021). (Foto: Muhatir/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Kantor DPRD Kota Ternate, Selasa (26/1/2021) gelap gulita lantaran PLN memutus aliran listrik di gedung tersebut. Pasalnya, kantor tersebut menunggak pembayaran bulan Januari 2021. 

Kondisi itu membuat aktivitas di gedung rakyat yang berlokasi di Kelurahan Kalumata Kecamatan Ternate Selatan itu lumpuh.

Amatan wartawan Selasa pagi ini, hanya terlihat beberapa staf menata ruangan dan memindahkan berkas.

Menurut salah satu staf, pemutusan listrik ini sangat mengganggu pekerjaan mereka terutama menyiapkan surat menyurat.

"Kami sangat terganggu dengan mati lampu di kantor,"ujar staf yang tak mau namanya diberitakan. 

Sekretaris DPRD Kota Ternate Safia M.Nur membenarkan ada tunggakan tagihan listrik di bulan Januari. Menurutnya, listrik di gedung tersebut masih menggunakan meteran listrik berbayar.

"Hampir seluruh gedung diputuskan hanya ruang rapat eksekutif DPRD yang menggunakan listrik pintar," ujarnya.

Safia berujar, keterlambatan pembayaran disebabkan penyesuaian program aplikasi dari sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) ke sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) yang menyebabkan tidak ada uang persediaan untuk membayar .

"Ini memang mengganggu pelayanan, tapi pembayaran akan dilakukan besok," ujarnya.

Dia bilang, pembayaran listrik di gedung DPRD setiap bulan mencapai Rp6 juta. "Kalau biaya Rp2 juta bisa ditangani tapi kalau sampai Rp6 juta terlalu banyak," pungkasnya. (mg-03)


Peliput : Muhatir Badarudin

Editor   : Ikram