Kisah Haru di Wisuda Unkhair Ternate, Suami Ganti Almarhumah Istrinya Wisuda

Radinal Sosaleh saat menerima ijazah sang istri yang diberikan Rektor Unkhair Prof. Husen Alting, Kamis (28/1/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Ada pilu bercampur haru dalam wisuda yang digelar Universitas Khairun Ternate, Kamis (28/1/2021).

Pasalnya, di antara ratusan wisudawan yang hadir, ada satu peserta yang menyita perhatian.

Dia adalah Radinal Sosaleh, lelaki tersebut hadir menggantikan sang istri yang telah meninggal dunia sebelum menerima ijazah kelulusan.

Pria tersebut naik di atas panggung untuk menerima penghormatan dan ijazah dari Rektor Unkhair Ternate, Prof Husen Alting dengan memegang foto istri tercinta Hestia Dian Pranita. 

Hestia merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan Akuntasi angkatan 2012.

Kehadiran pria yang mengenakan jas bersama foto sang istri membuat seisi ruangan berubah duka. Beberapa teman seangkatan sang istri pun tak kuasa menahan tangis saat Radinal ikut mengantri bersama peserta wisuda lainnya.

Terlebih saat ucapan belasungkawa disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Nurlela mewakili kampus dan jurusan.

"Sedih pastinya kita yang kenal sama dia, yang bikin sedih itu pas tadi nama almarhumah disebutkan dan suaminya yang naik ke panggung sambil pegang foto almarhumah," kata Chaca Khumaira teman dan senior almarhumah di Unkhair.


"Ucapan belasungkawa juga dari kami, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang tadi disampaikan oleh ibu wakil dekan I FEB untuk almarhumah,"tambah Chaca.

Sementara, Radinal Sosaleh menuturkan, sang istri meninggal pada 25 Oktober 2020.

Saat itu bertepatan dengan jadwal tandatangan ijazah.

Dengan raut sedih, Radinal mengaku tak mampu mengungkapkan perasaannya mengingat perjuangan sang istri tercintanya.

"Meninggal karena sakit, untuk perasaan susah diungkapkan dengan kata-kata, karena perjuangan almarhumah dalam keadaan sakit pun masih berjuang buat tugas akhir. Dan perasaannya saya bangga,"kata Radinal.

Sementara itu, foto Radinal memegang foto pujaan hatinya itu pun viral di media sosial. Tidak sedikit memberi komentar haru dan doa. Semoga perjuangan almarhumah menjadi amal ibadah. Amin. (ikh)


-

Peliput : Tim 

Editor   : Ikram