Kebakaran di Halut, Penghuni Rumah Tertidur Lelap saat Api Membesar

Rumah milik Marice Lombonaung terbakar saat dirinya bersama penghuni rumah tengah tidur, Ahad (31/1/2021). (Foto: Rido/malutpost.id)

Tobelo, malutpost.id -- Kebakaran hebat melanda rumah milik Marice Lombonaung warga Desa Togawa, Kecamatan Galela Selatan, Halmahera Utara malam tadi.

Peristiwa yang terjadi pada Ahad (31/1/2021) sekira pukul 21.30 WIT itu, diduga akibat korsleting arus listrik dari rumah tetangga Jordan Bani lalu merembet ke rumah korban Marice Lombonaung.

Di temui di tempat kejadian perkara, sejumlah saksi yang menyaksikan awal terjadinya kebakaran mengungkapkan, kebakaran tersebut berlangsung cepat sehingga api sulit dipadamkan. "Tadi waktu saya keluar rumah, melihat rumah korban sudah dalam keadaan terbakar. Saya langsung teriak minta tolong agar warga bisa membantu padamkan api di rumah korban, tapi posisi api semakin meluas membakar seluruh bagian rumah jadi warga kesulitan,"kata Nowiki Stenly Bani, saksi yang juga tetangga korban.

Nowiki mengaku, kebakaran itu diduga akibat hubungan arus pendek dari rumah Jordan Bani, sehingga merembet ke rumah Marice. Sementara Marice Lombonaung menceritakan, saat peristiwa itu terjadi dirinya bersama penghuni rumah lainnya sudah dalam keadaan tidur.

"Saat api merembet di rumah saya dan bagian lain rumah sudah terbakar, posisi saat itu saya masih tidur. Saya kaget dan bangun dari tidur ketika api sudah merembet ke kamar dan sudah membakar sebagian isi rumah,"aku Marcie.

Beruntung, dirinya berhasil menyelematkan diri keluar rumah dan berteriak minta tolong. Warga yang mendegar langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materil berupa barang-barang berharga termasuk surat dan sertifikat rumah tidak dapat di selamatkan. Sementara mobil pemadaman kebakaran milik Pemda Halmahera Utara baru tiba pukul 22.30 WIT saat rumah sudah nyaris habis dilahap api.(rid)


-

Peliput : Ridwan Arif

Editor   : Ikram