Angkut Sampah di Salero Buang di Kalumata, Supir Truk Diamankan Polisi

Truk L300 bersama barang bukti sampah dibawa ke Polsek Ternate Selatan, Senin (2/1/2021). (Foto: Udy/malu) 

Ternate, malutpost.id -- Sebuah mobil  truk L300 terpaksa ditahan anggota Polsek Ternate Selatan, Senin (1/2/2021). Pasalnya, mobil tersebut mengangkut sampah dari Kelurahan Salero lalu dibuang di depan tempat sampah sementara (TPS) depan Kantor DPRD Kota Ternate.

Penangkapan ini sebagai tindak lanjut laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate Tonny Sahruddin Pontoh, bersama Lurah Kalumata Ade Bayau, sore tadi. Truk yang ditahan ini berisi sampah bekas bangunan. "Ini baru pertama buang di situ (depan DPRD),"kata sopir kepada petugas.

Tonny menjelaskan, TPS di depan gedung BNN Malut dan Dekot Ternate itu tidak pernah kosong. Setelah diangkut, beberapa jam kemudian mulai terlihat menumpuk dengan berbagai jenis sampah baik ranting pohon, bekas bangunan, sprimbet hingga lemari.

"Setelah ditelusuri, truk dengan tipe pickup ini ternyata dibayar mengangkut sampah warga. Tapi bukannya dibuang di TPA, malahan di TPS, padahal TPS hanya untuk sampah rumah tangga,"sesal Tonny.

Menurutnya, kebiasan oknum tersebut yang menjadi penyebab sampah terus menumpuk meski petugas kebersihaan telah bekerja maksimal setiap saaat. "Kondisi ini jika dibiarkan, maka akan menjadi kebiasaan karena itu perlu ada langkah tegas anda dibayar mengangkut sampah kenapa tidak buang di TPA. Kalau seperti ini, petugas kebersihan satu kompi pun tidak akan bisa membersihkan kota ini,"tandasnya, sembari mengaku akan memperoses supir tersebut sesuai UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. (udy)



-

Peliput : Rusdi Abdurahman

Editor   : Ikram