Isi Bensin di SPBU Sanana Wajib Daftar Nomor HP dan Pelat Kendaraan

Pemberlakukan sistem elektronik saat pengisian BBM di SPBU Sanana, Jumat (5/2/2021). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- PT. Pertamina Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), telah melakukan penerapan transaksi nontunai atau cashless di stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) yang dikelola pertamina. Sistem tersebut mulai berlakukaan Jumat (5/2/2021) hari ini. 

Pengawas SPBU Sanana Fauji mengatakan, pemberlakukan transaksi non tunai dimana setiap pengisian BBM bersubsidi harus melewati Electronic Data Capture (EDC). "Jadi pengisian BBM bersubsidi ini harus isi pelat nomor kendaraan, nomor hendpone dan nama, kalau tidak tidak akan diisi BBM-nya,"kata Fauji kepada malutpost.id, Jumat (5/2/2021).

Menurut Fauji, pemberlakukan pengisian data pembeli secara elektornik tersebut bertujuan agar pemerintah pusat dapat memantau kondisi dan stok penjualan BBM serta transaksi pembayaran di setiap SPBU. Di katakannya, pemberlakukaan tersebut hanya diperuntukan bagi BBM subsidi seperti besin, sedangkan untuk pertalite dan solar masih tetap dengan sistem manual.

"Karena setiap pengisian BBM mereka dari pusat pantau itu datanya tidak jelas. Artinya pengisian BBM di mobil dan motor itu banyak namun pengisiannya tidak sesuai, makanya diberlakukn EDC agar dari pusat dapat memantau dan mengetahuinya,"pungkasnya. (mg-01)


-

Peliput : Hamdi Embisa

Editor   : Ikram