KPU dan Bawaslu Kepsul Kompak Minta MK Tolak Gugatan HT-Umar

Kuasa hukum KPU Kepsul M Jusril saat memberikan keterangan dalam sidang PHP di MK, Selasa (9/2/2021). (Foto: Humas/Teguh)

Sanana, malutpost.id -- Bawaslu Kabupaten Kepualaun Sula, Maluku Utara membantah dalil pelanggaran kelengkapan administrasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Kepsul nomor urut 3, Fifian Adeningsih Mus-Saleh Marasabessy.

Sebagai pihak termohon dalam perkara Nomor 90/PHP.BUP-XIX/2021 Bawaslu menilai dalil gugatan yang diajukan paslon nomor urut 1 Hendrata Thes dan Umar Umabaihi telah dihentikan oleh Bawaslu karena tidak cukup bukti. Pelanggaran administrasi yang didalilkan berupa status PNS calon bupati Fifian Adeningsih Mus. 

"Kasus ini dihentikan pada 19 November 2020 karena tidak cukup bukti,"kata Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Kepsul, Ajuan Umasugi dalam sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi, Selasa (9/2/2021).

Menurut Ajuan kasus tersebut dilaporkan tim Paslon Zulfahri Abdullah dan Ismail Umasugi (Zadi-Imam) ke Bawaslu Kepsul pada 14 November 2020. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan dihentikan melalui pleno.

"Pada tanggal 14 November 2020 memang benar Bawaslu menerima laporan dari tim paslon nomor 2 Zadi-Imam tentang dugaan pelanggaran kelengkapan syarat calon. Namun pada 19 November kasus tersebut sudah dihentikan. Jadi sudah selesai, tidak ada lagi masalah terkait status ANS itu,"katanya.

Senada, pihak KPU selalu termohon yang diwakili oleh Ketua KPU, Yuni Ayunengsi Ayuba juga mengaku masalah tersebut telah selesai. "Iya sudah selesai,"kata Yuni merespon Hakim Ketua MK, Arief Hidayat.

Karena itu, Kuasa Hukum KPU, M Jusril dalam eksepsinya meminta agar MK menolak secara keseluruhan pokok permohonan pemohon. Begitu juga dengan kuasa hukum pihak terkait, FAM-SAH. Mereka meminta MK menolak semua pokok permohonan pemohon.

"Pokok permohonan pemohon tidak jelas dan tidak memuat fakta hukum yang berkaitan dengan perselisihan suara. Karena dalam eksepsi kami meminta agar menolak semua pokok permohonan pemohon,"pungkasnya. (cr-01)


-

Peliput : Gunawan Tidore

Editor   : Ikram