Kejati Malut Umumkan 4 Tersangka Korupsi Kapal Nautika, Ada Nama Mantan Kadis?

Konferensi pers penetapan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan kapal Nautika oleh Kepala Kejati Malut, Rabu (10/2/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku Utara menetapkan 4 orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal Nautika di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut. Penetapan itu berdasarkan alat bukti dan keterangan saksi. Keempat tersangka tersebut yakni IY, ZH, RZ dan IR. Salah satu tersangka diduga kuat mantan Kadis Dikbud Malut.

Kajati Malut Erryl Prima Putra Agoes menjelaskan, kasus tersebut dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 7,871 miliar.

"Jadi ini pengadaan kapal dan peralatan oleh Dikbud Malut yang dikenal kapal Nautika,"kata Agoes didampingi Aspidsus Muh. Irwan melalui konferensi pers, Rabu (10/2/2021).

Sekolah yang mendapat jatah pengadaan dalam proyek tersebut, lanjut Agoes, yakni siswa praktek teknologi perikanan Halmahera Timur sebesar Rp 3.221.111.000, siswa sektor perikanan SMK 1 Halmahera Selatan, SMK 1 Halmahera Barat dan SMK 2 Sanana.

"Pada pokoknya perkembangan kasus ini kita telah menetapkan tersangkanya, tapi kita tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Nanti jelasnya ditentukan oleh pengadilan,"kata Agoes.

Di katakan Agoes, pasca penetapan tersangka, penyidik masih terus mendalami kasus tersebut. Soal kerugian, Agoes belum bisa merinci secara pasti. "Tapi, kita tidak tahu apakah dibawah atau diatas satu miliar,"ujarnya.

Aspidsus Kejati Malut, Muh. Irwan menambahkan, penetapan tersangka kasus tersebut karena telah memenuhi dua alat bukti. Penyidik juga telah mengantongi peran atau perbuatan materil masing-masing tersangka.

"Sehingga, kita berani menetapkan empat orang ini sebagai tersangka, yang didukung oleh dua alat bukti sesuai hukum berlaku. Tidak menutup kemungkinan dalam proses penyelidikan nantinya jika ada penambahan tersangka akan disampaikan,"pungkasnya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram