Cari Ikan di Rumpon, Nelayan Batang Dua Hilang


Tim SAR Ternate menuju ke lokasi hilangnya nelayan asal Kecamatan Batang Dua, Sabtu (13/2/2021). (Foto: Ramlan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Seorang nelayan asal Kecamatan Batang Dua hilang saat memancing di rumpon sejak Jumat, 12 Februari 2021. Nelayan tersebut diketahui bernama Jefry Nomua (38) warga Kelurahan Tifure, Batang Dua, Kota Ternate.

Kepala Basarnas Kota Ternate M. Arafah saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Dia mengaku telah menerima laporan dari KSOP Pulau Tifure.

Menurut Arafah, Jefry keluar dari rumah sejak Jumat (12/2/2021) pukul 08.00 WIT menggunakan perahu jenis pakora. Hingga malam tadi, kata Arafah, Jefry belum kembali.

"Warga melakukan pencarian pada pukul 20.00 WIT, disekitar rompon tetapi nelayan tersebut belum juga ditemukan. Pencarian pun hingga pukul 00.00 WIT oleh warga dengan loangboat tapi hasilnya masih nihil,"ujarnya.

Arafah bilang, dirinya telah mengirim satu unit tim rescue menggunakan kapal RB 39 hari ini untuk melakukan pencarian. "Tim rescue sudah menuju ke lokasi untuk melakukan pencarian,"sebutnya.

Sementara Danpos pelabuhan laut Tifure Keegan Lopulalan mengatakan, dari pengakuan warga, nelayan tersebut hendak memperbaiki rompon yang rusak. Dan tanpa membawa persediaan makanan, karena jarak rumah ikan tersebut tidak terlalu jauh dari Pulau Tifure.

"Hingga sore korban belum juga kembali dan warga memutuskan untuk melakukan pencarian,"terangnya.

Keegan menambahkan, setelah warga tiba di rompon, kondisi rumpon masih tampak seperti sebelumnya atau belum ada perbaikan. Menurutnya, nelayan tersebut merupakan penderita hernia kronis dan sudah menjalani perawatan di Puskesmas Mayau.

"Perahunya warna biru putih dan Jefry Nomua saat melaut memakai jaket cokelat. Pagi ini juga warga masih melanjutkan pencarian menggunakan fiber,"tutupnya. (mg-03)


-

Peliput : Muhatir/Ramlan

Editor   : Ikram