Kisah Dramatis, Seorang Ibu Asal Tidore Kepulauan Melahirkan di Kapal Feri

Ilustrasi. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Seorang perempuan berinisial F, warga Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara berhasil melewati ujian berat. Perempuan yang tak mau disebutkan namanya itu melahirkan bayi laki-laki di atas kapal Feri saat dalam perjalanan dari pelabuhan Galala, Tikep menuju Bastiong, Ternate, Selasa (16/2/2021). Lebih haru lagi, saat melahirkan sang buah hati, kondisi gelombang dan cuaca tidak bersahabat.

Proses melahirkan dibantu dua bidan Puskesmas Galala, Sri Hastina Irham dan Fatmawati Hadi yang diminta mendampingi perempuan tersebut untuk dirujuk ke RSUD Kota Ternate.  Informasi yang dihimpun malutpost.id, proses kelahiran terjadi sekira pukul 15.00 Wit di tengah kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Kepala Puskesmas Galala, Rukmini Abdul Kadir, saat dihubungi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, F perempuan pasien di Puskesmas Galala yang dirujuk ke RS Ternate karena mengalami pendarahan saat menjalani perawatan di puskesmas. Untuk mengantisipasi kondisi darurat dalam perjalanan, pihaknya juga mengutus dua bidan sekaligus untuk menjaga pasiennya.

"Iya, betul. Dia rujukan dari sini, tapi dalam perjalanan sudah melahirkan,"ungkap Mini, sapaan akrabnya.

Rukmini mengungkapkan, pasien tersebut baru dirawat pagi tadi, namun kondisinya memaksa pihaknya mengambil langkah untuk merujuk ke RS. "Melahirkan dalam mobil yang mereka pakai saat antar pasien ke Ternate,"katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan bidan, karena Feri saat ini masih dalam perjalanan menuju Ternate."Kita masih berkomunikasi karena Feri masih dalam perjalanan,"tutupnya.(cr-04)



-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram