Gempa Tektonik Magnitudo 4.5 Guncang Malut

Ilustrasi. (Foto: Istockphoto)

Ternate, malutpost.id -- Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4.5 guncang Maluku Utara (Malut), Jumat (19/2/2021). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ternate melaprorkan, gempa terjadi pada pukul 21.50 WIT. Titik gempa 58 kilometer Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Bahwa gempa bumi memiliki parameter Mag=4.5 terjadi pada koordinat episenter 1.53 Lintang Utara dan 127.10,"kata Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang, kepada malutpost.id, Jumat (19/2/2021) malam tadi.

Menurut Andri, dilihat dari jenis dan mekanisme gempabumi, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal yang disebabkan adanya aktivitas subduksi pada lempeng laut Maluku.

"Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Ternate dengan intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, diluar oleh beberapa orang,"paparnya.

Namun, lanjutnya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,"katanya. Meski, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock kata Andri, akan tetapi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat di wilayah Maluku Utara dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,"harapnya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram