Jalan ke Wisata Teluk Sulamadaha Putus Dihantam Gelombang

Akses jalan ke teluk Sulamadaha putus, akibat hantaman gelombang pasang, Ahad (21/2/2021). (Foto: Atir/malutpost.id)

Ternate, malutpost,id -- Gelombang tinggi yang terjadi sepekan terakhir merusak sejumlah fasilitas di Kota Ternate, Maluku Utara terutama yang berada di pesisir pantai. Salah satunya akses jalan menuju teluk kawasan wisata pantai Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat. 

Amatan malutpost.id badan jalan setapak sepanjang 2 meter rusak berat akibat hantaman gelombang pasang, Sabtu (22/2/2021). Selain badan jalan, pagar pembatas juga pun ikut patah.

Warga mengatakan, peristiwa itu mulai terjadi pada Sabtu kemarin akibat tingginya gelombang. "Gelombang tinggi sehingga kerusakan pada jalan menuju pelabuhan hol di Sulamadaha,"terang Arun, salah satu warga.

Kerusakan itu juga berdampak pada aktifitas warga Hiri yang hendak menyebrang. Pasalnya, pelabuhan utama tidak bisa beroperasi lantaran ancaman gelombang tinggi.  Arwan, salah satu warga Hiri bilang, terpaksa harus berjalan kaki cukup jauh ke teluk Sulamadaha karena setampak tidak bisa dilewati sepeda motor.

"Kami berharap adanya perhatian akibat dari kerusakan,"ujarnya.

Kepala BPBD Kota Ternate M Arif Gani yang berada di lokasi mengatakan, setelah melakukan pengecekan langsung dan akan menghitung nilai kerusakan akibat dari hantaman gelombang tersebut.

"Identifikasi awal dilakukan BPBD untuk mengetahui dampak dari kerusakan,"tutupnya. (mg-03)


-

Peliput : Muhatir Badaruddin

Editor   : Ikram