MHB-GAS Ajukan Bukti Tambahan


MUHAMMAD Konoras

TERNATE - Pasangan Calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota Ternate Muhammad Hasan Bay-Asghar Saleh (MHB-GAS), akan mengajukan sejumlah bukti tambahan pada sidang pembuktian sengketa Persilihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) 4 Maret mendatang.

Ketua tim Hukum MHB-GAS Muhammad Konoras mengatakan, MHB-GAS sebagai Pemohon tentu akan membuktikan dalil-dalil yang sudah dimohonkan pada sidang pendahuluan. Dari total 43 TPS dengan kisaran 8.000 suara yang didalilkan, MHB-GAS yakin akan terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk 5000 suara.

"Bukti-bukti yang sudah kuat menurut kami. Tidak bisa terbantahkan oleh siapapun, kecuali mahkamah konstitusi berpendapat lain, yakni ada sejumlah TPS dengan akumulasi lima ribu (5000). In Shaa Allah kami sudah seratus persen atau bahkan seribu persen yakin terjadi PSU, karena bukti-bukti sudah lengkap," kata Konoras, kemarin (25/2).

Terkait TPS mana saja menjadi target PSU, Konoras tidak menyebutkan. Sebab, hal itu menurutnya, berkaitan langsung dengan strategi MHB-GAS.  Konoras menuturkan, pada sidang pendahuluan, MHB-GAS baru menyerahkan bukti P1 hingga P5. Bukti tambahan baru akan diserahkan pada sidang pembuktian nanti. "Kenapa kita tidak serahkan bukti lebih banyak pada sidang pendahuluan, karena jika kita serahkan sekaligus maka bukti-bukti itu bisa terbaca oleh lawan. Ini adalah strategi," ujarnya.

Menurutnya, alasan lain MHB-GAS tidak mengajukan banyak bukti pada sidang pendahuluan lalu, karena MHB-GAS sudah yakin sengketa PHP Kota Ternate akan lanjut ke sidang pembuktian. Karena memenuhi ambang batas selisih suara 2 persen perolehan suara antara Paslon peraih suara terbanyak pertama dengan Paslon peraih suara terbanyak kedua. "Kesempatan untuk membuktikan dari sisi substansi terhadap dalil-dalil adalah pada saat sidang pembuktian. Karena sidang pembuktian PHP Kota Ternate baru akan digelar pada 4 Maret mendatang, maka kami masih terus mencari bukti-bukti tambahan untuk bisa melebihi lagi dari lima ribu suara (target PSU, red)," pungkasnya. (mg-01/anv)